Tenaga Medis Asahan Terkonfirmasi Positif Covid-19

oleh -
oleh

Asahan | Satu lagi tenaga medis wanita CM (21) warga Dusun IV Desa Rawang Pasar V  Kecamatan  Rawang Panca Arga Kabupaten  Asahan terkonfirmasi Positif Corona Virus Disease (Covid-19) setelah melalui uji Swab.

Saat ini yang bersangkutan tengah dirawat sesuai standar WHO di Rumah Sakit GL Tobing Lubuk Pakam Deli Serdang.

Hal ini disampaikan Jubir GugusTugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S.Sos, M.Si. dalam konferensi Pers, Jumat (29/5/2020) di Sekretariat Gusus Tugas Covid-19 Jalan A. Yani Kisaran.

Hidayat mengatakan, Sabtu 23 Mei 2020, CM atas inisiasinya sendiri memeriksakan kesehatannya dengan mengggunakan uji Rapid Tes kendati tidak ada gejala atau Covid-19.

Hasil uji Rapid Tes ternyata CM terkonfirmasi reaktif Covid-19 dan segera dirujuk ke Rumah Sakit GL Tobing Lubuk Pakam untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

“Pada 23 Mei 2020 lalu, meskipun tidak mengalami gejala, yang bersangkutan berinsiatif memeriksakan dirinya dengan ravid tes, dan hasilnya reaktif (positif melalui ravid tes), sehingga RS Grand Medistra, merujuknya ke RS GL Tobing untuk pemeriksaan lanjutan dan ditetapkan sebagai Pasien Dengan Pengawasan (PDP),” jelas Hidayat .

Menurut Hidayat , informasi yang diterimanya, saat ini pasien dalam kondisi baik, dan menjalani isolasi serta perawatan di GL Tobing Deli Serdang. Sedangkan untuk tidak lanjut, walaupun yang bersangkutan tidak ada pulang ke Asahan, namun pendataan tetap dilakukan kepada pihak keluarganya.

“Protokol Covid-19 tetap kita lakukan untuk antisipasi dini, walaupun yang bersangkutan tidak ada pulang kampung ke Asahan,” jelas Hidayat .

Hidayat  mengatakan, untuk data terbaru Covid-19 di Asahan, positif 5 orang dengan rincian 3 sembuh, 1 meninggal dunia dan 1 orang atas nama CM tengah menjalani perawatan intensif.

Untuk PDP yang sebelumnya sebanyak 4 orang hanya tersisa 1 orang yang kini menunggu hasil swab. Sementara ODP tersisa 4 orang.

“Kita berharap yang bersangkutan cepat sembuh dan bisa berkumpul dengan keluarganya,” tutup Hidayat .(Yanto).