Kapolres Simalungun ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Tugu Letda Sujono

oleh -
oleh
Keterangan Foto : Kapolres Simalungun didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Ny. Erika Ronald Sipayung saat ikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Tugu Letda Sujono.(Beritanusa/Ist)

Simalungun | Tugu Letda Sujono Bandar Betsy di Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun malam ini menjadi saksi peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung dengan khidmat. Upacara dimulai pada pukul 10.00 WIB dan berakhir pada 12.30 WIB.Minggu (01/10/2023)

Upacara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting Sumatera Utara, antara lain Gubernur Sumatera Utara, Pangdam I/BB, Kapolda Sumatera Utara, Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara, Kapolres Simalungun dan Pematangsiantar, Wakil Bupati Simalungun, dan Dandim 0207/Sml. Turut hadir juga Ketua Bhayangkari Daerah Sumut dan Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun dan Pematangsiantar, serta berbagai perwakilan dari instansi lainnya.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., yang didampingi dengan Ketua Bhayangkari Cabang Simalungun Ny. Erika Ronald Sipayung menyampaikan kegiatan upacara kesaktian pancasila merupakan bentuk cinta kepada tanah air Indonesia.

Baca Juga : Bunda PAUD Simalungun Hadiri Pengukuhan Bunda PAUD Nagori dan Kelurahan se-Kecamatan Raya

“Hari ini tepat di Tugu Letda Sujono Bandar Betsy, Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun telah dilaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tingkat Provinsi yang dihadiri oleh Bapak PJ Gubernur, Bapak Pangdam, Bapak Kapolda Sumut dan seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumatera Utara, Kabupaten Simalungun beserta para pelajar, masyarakat yang hadir disini, membuktikan bahwa ada peristiwa yang pernah terjadi dan hari ini kita laksanakan upacara peringatan.

Tentu kegiatan ini adalah sebagai bentuk untuk mengenang bahwa di tahun 1965 ada peristiwa di Bandar Betsy ini, dan kita berharap dengan peristiwa itu kita semakin kompak, semakin kokoh, semakin memperkuat rasa cinta tanah air sehingga Negara Kesatuan Republik Indonesia tetap utuh untuk pembangunan Indonesia Emas, “tandas AKBP Ronald. Minggu(1/10/2023).

Susunan peserta upacara mencakup BST Yonif 122/TS, Rindam I/BB, Lamtamal, Angkatan Udara, Brimob, Polres Simalungun, Sat Pol PP dan Ormas PP Pancasila Kabupaten Simalungun, serta pelajar Pramuka, SD dan SMP.

Baca Juga : Bupati Asahan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Inspektur Upacara dijabat oleh Pj Gubernur Sumatera Utara Dr Hassanudin, dengan Perwira Upacara Letkol Caj Dina Aswita dan Komandan Upacara Letkol Inf Fernando Batubara.

Sejumlah rangkaian acara pendahuluan dan pokok dilaksanakan, mulai dari pasukan upacara memasuki lapangan upacara, laporan perwira upacara, penghormatan pasukan, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, hingga pembacaan doa. Acara penutup meliputi peletakan karangan bunga, pemberian bingkisan kepada keluarga Alm. Letda Sujono, penyanyian lagu-lagu perjuangan, tarian budaya, hingga praghmen peristiwa Bandar Betsy.

Baca Juga : Kapolres Asahan Hadir dalam Peresmian Gereja HKBP dan Minggu Kasih

Pada akhirnya, seluruh rangkaian pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlangsung aman dan tertib. Situasi yang kondusif ini ditopang oleh pengamanan yang dilakukan oleh personil Polres Simalungun dan Polsek sejajaran. (Maringan/Rel)