Wartawan Abdya Minta Usut Tuntas Kasus Penembakan Wartawan di Simalungun

oleh -
oleh
Wartawan Abdya Minta Usut Tuntas Kasus Penembakan Wartawan di Simalungun
Keterangan Foto : Puluhan wartawan Abdya menggelar aksi solidaritas mengutuk keras pelaku penembakan wartawan di Simalungun, Sumut, Rabu (23/6/2021). (Ist)

Aceh Barat Daya | Wartawan Aceh Barat Daya (Abdya) meminta Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) segera mengusut tuntas kasus penembakan wartawan di Simalungun.

Permintaan tersebut disampaikan oleh puluhan wartawan Abdya saat menggelar aksi solidaritas untuk Mara Salem Harahap, Rabu (23/6/2021) di Blangpidie.

Mara Salem Harahap ialah pimpinan redaksi media Lassernwestoday asal Simalungun, Sumatera Utara yang menjadi korban penembakan orang tak dikenal (OTK) beberapa waktu lalu.

Dalam aksi solidaritas tersebut, puluhan wartawan Abdya yang tergabung dalam lintas organisasi itu mengenakan baju hitam sebagai bentuk bela sungkawa atas kejadian penembakan salah seorang insan pers itu.

Sebelum menggelar aksi, puluhan wartawan dari berbagai media itu terlebih dulu berkumpul di lapangan Persada, Blangpidie. Kemudian, sekira pukul 10:00 WIB, mereka bergerak menuju simpang Ceurana melakukan orasi.

Koordinator lapangan, Julida Fisma dalam aksi tersebut menyebutkan, aksi solidaritas yang dilakukan pihaknya sebagai bentuk dukungan terhdap keluarga korban. Selain itu juga sebagai bentuk rasa peduli terhadap sesama insan pers.

Menurutnya, kasus penembakan yang membuat pimpinan redaksi Lassernwestoday hingga meregang nyawa merupakan aksi pembunuhan yang tidak dapat ditolerir. Oleh karena itu, pihaknya meminta agar penegak hukum segera mengusut tuntas pelaku dan dalang penembakan tersebut hingga dihukum seberat-beratnya.

“Atas nama wartawan Kabupaten Abdya, kami mengutuk keras pelaku penembakan terhadap sahabat kami almarhum Mara Salem Harahap. Tentu kasus ini menjadi pukulan terberat bagi kami wartawan selaku corong informasi rakyat,” ungkap Julida Fisma.

Oleh karena itu, sambungnya, wartawan Abdya meminta agar penegak hukum dalam hal ini Polda Sumut segera mengusut tuntas kasus penembakan tersebut.

“Kita mendesak Polda Sumut dengan waktu sesingkat-singkatnya untuk menangkap pelaku penembakan terhadap Mara Salem Harahap, jika tidak, kita meminta Kapolri agar mencopot Kapolda Sumut dari jabatannya,” tegas Julida Fisma. (Salman)