Warga Desa Bahung Sibatubatu Asahan Terkonfirmasi Positif Covid-19

oleh -

Asahan | Seorang laki-laki HM (26) warga Dusun II Desa Bahung Sibatubatu Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) setelah yang bersangkutan memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Murni Teguh Medan pada 12 Juni 2020.

Hal itu disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si. dalam siaran persnya, Minggu (14/6/2020) di Kisaran.

Hidayat menjelaskan, HM merupakan warga Desa Bahung Sibatubatu Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan selama ini merantau dan bekerja di Palembang Sumatera Selatan.

Pada Maret lalu, HM pulang kampung ke Asahan. Setelah mendapat pemeriksaan HM dinyatakan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan harus menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Hasil isolasi selama 14 hari HM dinyatakan sehat.

Masih menurut Hidayat, selama 2 bulan terakhir sejak kepulangannya HM tinggal di tempat mertuanya di Dusun I Desa Pematang Jering Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batubara.

Berniat akan bertolak ke Palembang karena urusan pekerjaan, pada 12 Juni 2020, HM menginisiasi memeriksakan kesehatannya di Rumah Sakit Murni Teguh Medan untuk mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19.

Hasil dari pemeriksaan melalui uji Swab Nasofaring, HM dinyatakan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) terkonfirmasi positif Covid-19.

Menindaklanjuti hal tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Batubara untuk melakukan upaya pencegahan penularan Covid-19 kepada orang yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan HM.

Sementara, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Asahan hanya melakukan protokol kesehatan pencegahan Tracking terhadap kedua orang tuannya di Dusun II Desa Bahung Sibatubatu.

“Karena selama kepulangan HM tinggal di Batubara, kami hanya melakukan tracking terhadap kedua orang tuanya tempat dia singgah sebentar di sana,” jelas Hidayat.

Kata Hidayat, tracking selanjutnya akan dilakukan Gugus Tugas Kabupaten Batubara terhadap orang yang mempunyai riwayat dengan HM selama tinggal di Batubara.

Terkait pasien HM, Hidayat menyampaikan agar pasien segera dirawat ke Rumah Sakit rujukan di Medan melalui Rumah Sakit H. Abdul Manan Simatupang Kisaran untuk menjalani perawatan intensif sesuai prosedur WHO.

Dengan demikian, kata Hidayat, data terbaru (Up date) Covid-19 di Asahan pada Minggu 14 Juni 2020 yakni, Orang Dalam Pengawasan (ODP) nihil, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) 1 orang, dan untuk positif bertambah 1 orang menjadi 8 orang, dengan rincian 4 orang dirawat, 3 orang sembuh, dan 1 orang meninggal dunia. (Yanto).