Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI Soroti LKHPN

oleh -
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi RI Soroti LKHPN

Pelalawan | Wakil Ketua Komisi Pemberantasa Korupsi RI (KPK RI) Lili Pintauli Siregar, berkesempatan hadir di Kabupaten Pelalawan dalam rangka sosialisasi pencegahan korupsi dalam upaya peningkatan penerimaan daerah, bertempat di Auditiorium, Lantai III Kantor Bupati, Kamis (15/10).

Dalam kesempatan itu, Lili Pintauli Siregar menyoroti soal Laporan Kekayaan Harta Penyelenggara Negara (LKHPN) baik itu pada eksekutif maupun pada legislatif.

Dijelaskannya LKHPN merupakan laporan yang wajib disampaikan oleh penyelenggara negara mengenai harta kekayaan yang dimilikinya saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi, dan pensiun.

“Untuk eksekutif di pemerintahan kabupaten Pelalawan dari 359 penyelenggara pemerintahan hampir 100 persen telah melaporkan harta kekayaannya. Namun untuk legislatif dari 49 orang penyelenggara negara, baru yang melaporkan 22 orang. Sekitar 42 persen. Mohon pak wakil agar ditindak lanjuti,” ujarnya pada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Syafrizal SE yang berkesempatan hadir.

Kemudian Ia juga menyebutkan laporan terkait aset pemerintahan yang belum juga tuntas terdata dan belum juga baik secara administrasi.

“Berdasarkan laporan di KPK masih cukup banyak aset pemkab Pelalawan yang belum terdata secara administrasi. Ini mohon pak bupati agar secepatnya diselesaikan,” harapnya.

Disamping itu Ia juga menyampaikan tentang pengelolaan pelaporan perencanaan anggaran terkait dengan proyek.

“Cukup banyak perencanaan yang tidak baik. Bisa saja hal ini diakibatkan adanya uang ketok palu. Ini jangan sampai terjadi seperti pada masa Nazarudin,” jelasnya lagi.

Namun pada prinsipnya Wakil Ketua KPK, yang juga merupakan  seorang pengacara ini memuji kinerja pemerintahan dibawah Bupati HM Harris.

“Belum ada satupun laporan di KPK baik itu soal perencanaan pembangunan, bansos dan dana Covid19 yang bermasalah. Jad saya cukup apresiasi kinerja penyelengara negara walaupun ada beberapa hal yang harus diselesaikan dan dituntaskan,” katanya.

Usai pemberian masukan oleh Lili Pintauli Siregar kepada 300 peserta penyelenggara negara di jajaran Pemkab Pelalawan, Bupati HM Harris berkesempatan memberikan cinderamata kepada Wakil Ketua KPK tersebut. (Anton)