Wakil Bupati Simalungun Sebagai Pembina Upacara Pembukaan LT. III

oleh -
oleh
Wakil Bupati Simalungun Sebagai Pembina Upacara Pembukaan LT. III
Keterangan Foto: Wakil Bupati selaku Ka. Kwarcab Gerakan Pramuka Kabuoaten Simalungun saat usai menyematkan tanda peserta secara simbolik kepada dua peserta pengibaran bendera LT.III.( beritanusa/ Ist)

Simalungun | Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi selaku Kepala ( Ka.)  Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun bertindak sebagai Pembina Upacara Pembukaan Lomba Tingkat Penggalan (LT. III), yang berlangsung di Bumi Perkemahan Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Simalungun, Jln Asahan Km. 7 Kecamatan Siantar, Sumut, Kemarin.

Sebagai pimpinanan upacara Kevin Frans Yieremia Siburian dan Perwira Upacara Zulkarnain Alfahri Saragih, kedua berasal dari Gudep 02243 SMP Neg 1 Gunung Malela. 

LT. III tersebut berlangsung mulai 23 s/d 26 Pebruari 2023, bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik dalam rangka menyadari akan nilai edukatif kegiatan Gerakan Pramuka dan membina ukhuwah silaturrahim antar anggota Pramuka golongan Penggalang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Simalungun menyampaikan, Lomba Tingkat merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan baik beregu maupun perorangan dalam satu regu penggalang yang dilaksanakan berjenjang, mulai lomba tingkat satu sampai lomba tingkat lima.

Baca Juga : Menkopolhukam Serahkan HAKI untuk Buku Peristiwa Berdarah Kota Siantar Karya Erizal Ginting 

 “Lomba ini nantinya akan mencari regu prestasi tinggi putra dan putri, untuk mewakili Kabupaten Simalungun dalam lomba tingkat selanjutnya pada tanggal 14 – 19 maret 2023 di Taman Pramuka Kwarcab Deli Serdang,”kata Wakil Bupati.

Kepada peserta Zonny Waldi berharap agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, tidak meninggalkan kegembiraan dan kreatifitas. Gunakan waktu sebaik-baiknya dalam mengikuti semua kegiatan, istirahatlah pada saat yang ditentukan. 

 “Atur anggota regu untuk mengikuti kegiatan yang ditentukan, agar seluruh kegiatan lomba dapat diikuti. Jangan lupa jaga kesehatan dan kekompakan  masing-masing regu, dan ikuti lomba dengan semangat sportifitas,”tandas Zonny Waldi.

Sebelumnya Ketua Panitia Zulhaidir Darmawin, dalam laporannya menyampaikan bahwa LT III ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas kepramukaan di tiap-tiap regu dan membina tali silaturrahim diantara peserta, serta sebagai ajang lomba ketangkasan dan keterampilan serta kecerdasan bagi adik-adik Penggalang. 

Menurut Zulhaidir, LT. III ini sebagai syarat untuk mengikuti LT. IV Kwartir Daerah Sumatera Utara pada bulan Maret 2023 di Bumi Perkemahan Taman Pramuka Lubuk Pakam Kwartir Cabang Deli Serdang mendatang.

Baca Juga : Kapolres Asahan Hadiri Turnamen Bola Voly Piala Dandim Cup I

Upacara pembukaan dengan mengusung Motto: “Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”, dan tema:“Tingkatkan Semangat Kreatifitas dan Sportivitas Dalam Membangun Karakter serta Kepemimpinan Pramuka”, ditandai dengan penyematan tanda peserta secara simbolik kepada dua orang peserta dan Pengibaran bendera LT. III.

Adapun kegiatan lomba pada LT. III ini yakni  LKBB (Latihan Ketrampilan Baris Berbaris), semaphore, morse, P3K (Pertolongan Pertama Pada Keceakaan), pidato dan pentas seni (tari Simalungun), dengan melibatkan Andalan Kwarcab Simalungun, Pembina Gugus Depan dan Dewan Kerja Cabang (DKC) Simalungun. (Susan)