Wabup Asahan Ikuti Refleksi Inovasi Stunting

oleh -
oleh
Wabup Asahan Ikuti Refleksi Inovasi Stunting
Keterangan Foto : Wabup Asahan Taufik Zaianal Abidin dalam Kegiatannya Menghadiri Refleksi Inovasi Stunting, Selasa (28/02/2023) di Sei Rampah. Foto : Diskominfo Asahan/Yanto/beritanusa.

Asahan | Wakil Bupati (Wabup) Asahan, Taufik Zainal Abidin, S.Sos., M.Si bersama para Kepala Daerah se-Sumatera Utara ikuti refleksi inovasi stunting yang digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Aula Sultan kompleks kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Jalan Negara No 300, Sei Rampah, Selasa (28/2/2023).

Upaya untuk mencegah stunting atau kekurangan gizi kronis pada anak, masih menjadi tantangan kesehatan yang perlu diatasi.

Inovasi dan solusi terbaik menuntaskan masalah stunting perlu dijajaki tidak hanya oleh pemerintah daerah, akan tetapi memerlukan sinergi dengan seluruh stakeholder, tak terkecuali pihak akademisi.

Ini disampaikan Wakil Bupati Asahan pasca mengikuti kegiatan yang turut didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Asahan.

“Permasalahan stunting ini sudah menjadi isu prioritas nasional. Alasannya jelas. Stunting dianggap menjadi permasalahan kesehatan yang akan berdampak pada generasi dini Indonesia, karenanya saya berharap seluruh elemen yang ada di Kabupaten Asahan dapat bahu membahu dalam mencegah terjadinya stunting” ujar Wabup.

Dalam kegiatan itu sendiri, Kepala perwakilan BKKBN Sumut, M Rizal mengatakan, bersyukur karena dapat bersilaturahmi dengan Pemkab Sergai, Bina Nusantara (Binus) University dan Pemerintah Daerah se-Sumut untuk mendapatkan informasi percepatan penanganan stunting.

Baca Juga : Komponen Didunia Pendidikan Dituntut Semakin Kompeten dan Profesional

Rizal mengatakan, angka stunting secara Sumut berada di bawah rata-rata nasional 21,21 persen.

“Ini menjadi pengalaman berharga, dimana stunting di Sumut berhasil turun 4,7 persen,” urai Rizal.

Sementara Bupati Sergai, Darma Wijaya menyampaikan selamat datang kepada seluruh undangan yang telah mengikuti refleksi inovasi stunting se-Sumut di Tanah Bertuah Negeri Beradat itu.

“Saya juga memberikan apresiasi atas kepedulian terhadap kesediaan menjadi responden selama dilakukan riset”, ujarnya.

Menutup acara, Rizal Martua Damanik selaku Deputi Penelitian dan Pengembangan BKKBN memaparkan beberapa program nasional sebagai upaya penurunan stunting secara virtual. (Yanto)