Unimal Laksanakan Ujian SMMPTN Wilayah Barat 2021

oleh -
oleh
Unimal Laksanakan Ujian SMMPTN Wilayah Barat 2021
Keterangan Foto : Sebanyak 694 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Senin (26/6/2021).

Lhokseumawe |  Sebanyak 694 calon mahasiswa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) di Kampus Bukit Indah, Lhokseumawe, Senin (26/6/2021).

Pelaksanaan ujian jalur mandiri ini dipantau langsung oleh Rektor Universitas Malikussaleh Dr Herman Fithra Asen Eng didampingi Pembantu Rektor Bidang Akademik sekaligus Ketua Pelaksana SMMPTN Wilayah Barat 2021 Unimal, Jullimursyida PhD, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Sistem Informasi, Dr Teuku Nazaruddin, dan Wakil Ketua Pelaksana SMMPTN Wilayah Barat 2021 Unimal, Teuku Kemal Fasya.

Ketua Pelaksana SMMPTN Wilayah Barat 2021 Unimal, Jullimursyida  mengatakan, ujian SMM PTN-barat di Unimal dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai hari ini 28 Juni hingga 30 Juni 2021. Peserta yang mengikuti ujian tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan menyiagakan tim gugus tugas Covid-19 Unimal di lokasi ujian.

“Jalur SMMPTN wilayah Barat yang memilih ujian di lokasi UTBK Unimal pada tahun ini menerima 640 calon mahasiswa, dan yang mendaftar ada 964,” katanya.

Juli menyebutkan, untuk pelaksanaan ujian di Unimal sendiri disediakan tujuh ruang laboratorium komputer yaitu di Fakultas Teknik ada enam dan satu lagi di Pusat Komputer. Semua dilaksanakan di Kompleks Bukit Indah, Blang Pulo, Lhokseumawe.

“Dalam satu hari ada 2 sesi ujian yang dilaksanakan dengan jumlah ada sekitar 690 peserta yang mengikuti ujian di Unimal tahun ini , dan diharapkan kepada calon mahasiswa bisa hadir satu jam sebelum ujian dilaksanakan,”imbuhnya.

Sementara, Teuku Kemal Fasya menyebutkan, Seleksi Mandiri ini sendiri baru pertama memakai sistem Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Computer Assisted Test (CAT), setelah sebelumnya selalu dilaksanakan dengan model paper-based.

“Tentu ada tantangannya juga, karena sistem ini mengadopsi sistem UTBK-SBMPTN yang telah dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Semoga bisa berhasil dan menjadi role model,” tutupnya. (Mulyadi).