Tgk. Ruslan Bies Jadi Kahtib Sholat Idul Adha di Masjid Bintang

oleh -
Tgk. Ruslan Bies Jadi Kahtib Sholat Idul Adha di Masjid Bintang
Foto : Camat Bintang, Ervan, SE, M AP

Aceh Tengah | Tgk. Ruslan Bies  bertindak sebagai Khatib dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H /2021 M di halaman Masjid Kecamatan Bintang, Aceh Tengah , Selasa (20/7/2021)

Ruslan dalam tausyiah nya dihadapan para Jama’ah sholat Idul Adha menyebutkan prihal tentang pembagian hewan qur’ban ada tiga bahagian dan diutamakan di Kampung halaman dimana seseorang berdomisli atau tinggal, katanya.

Selanjutnya, dalam hari Raya qur’ban hal yang perlu di qur’bankan adalah penyakit yang ada didalam hati. Dimana ada tiga poin yang harus kita qur’bankan diantaranya Daiyus (hati yang membangkang), atau dalam bahasa daerah Duyus ( Iejer gereja temus pikiren diri gere temus), Sifat Malas dan Ubud Dunia, ucapnya.

Sementara Panitia pelaksanaan Hari Raya Qurban menyatakan bahwa pengumpulan Derma Jama’ah difokuskan untuk pembelian tanah bagi perluasan halaman masjid yang membutuhkan biaya sekitar 60 juta, katanya.

Lebih lanjut, Panitia menyebutkan hasil dari sumbangan terkumpul sekitar Rp. 39,546.000,- termasuk sumbangan hasil Derma yang terkumpul pada pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H/ 2021 M sebesar Rp. 14.960.000,-. Panitia memohon bantuan dan sumbangan kepada para pihak yang ihlas untuk membantu, pintanya.

Selanjutnya, untuk penyembelihan Hewan Qurban di Masjid Bintang tahun ini, 2 ekor sapi, Seekor Kerbau dan 2 Ekor Kambing.

Tampak, hadir dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha di Halaman Masjid Bintang adalah Camat Bintang Ervan,SE, M.Si dan unsur Forkopimkec. kecamatan Bintang.

Pantauan media ini, dikecamatan Bintang pelaksanaan Sholat Idul Adha terbagi dalam 2 lokasi pertama di Halaman Masjid Bintang dan Halaman Sekolah MIN /SD di Kampung Gele- Pulo Bintang,  dimana pelaksanaannya menggunakan Masker sesuai Prokes (Rahman)