Tekad Polri Untuk Tetap Konsisten Mempererat Kemitraan Dengan Masyarakat

oleh -

Asahan | Pademi global Corona Virus Disease (Covid-19) yang mewabah seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia mengakibatkan berbagai sektor penting terdampak karenanya.

Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020 di Polres Asahan hanyalah satu contoh dari sekian banyak dampak Covid-19, karena tidak pernah terjadi sepanjang sejarah peringatan Hari Bhayangkara dilakukan dengan upacara Video Conference (VidCon) dan syukuran ala kadarnya.

Hal itu juga disampaikan Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S. I. K. dalam amanat tertulisnya, Rabu (1/7/2020) di Aula Wira Satya Polres Asahan Jalan A. Yani Kisaran.

“Untuk tetap menumbuhkembangkan strategi kemitraan di tengah pandemi Covid-19, maka Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Tahun 2020 dilaksanakan seluruh jajaran Polri secara sederhana,” katanya.

Menurutnya, kendati peringatan dilakukan dengan sangat sederhana, tidak mengurangi tekad Polri untuk tetap konsisten mempererat kemitraan dengan masyarakat dan sekaligus menjadikan peringatan hari Bhayangkara sebagai milik masyarakat yang merupakan komponen penting dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas.

Masih menurut Nugroho, sejak wabah pandemi Covid-19 melanda negara Indonesia, Polri, khususnya Polres Asahan terus bergerak melakukan kegiatan sosial dan kemanusiaan serta penegakan hukum yang merupakan upaya memelihara keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Kegiatan sosial dan kemanusiaan di antaranya, penyemprotan disinfektan di rumah ibadah, pasar dan bakti sosial berupa gotong-royong di rumah ibadah dan pasar yang ada di wilayah Kabupaten Asahan, pemberian sembako dan Alat Pelindung Diri (masker) kepada masyarakat pedesaan secara kontiniu dan pemberian SIM gratis kepada masyarakat.

“Pada prinsipnya, Polres Asahan terus hadir di tengah masyarakat kendati di masa pandemi Covid-19,” tegasnya.

Nugroho juga mengatakan, peringatan Hari Bhayangkara ke-74 yang mengambil tema “Kamtibmas kondusif masyarakat semakin produktif”, sangat relevan dengan semangat peningkatan strategi kemitraan antara Polri dengan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan gangguan Kamtibmas serta permasalahan sosial lainnya.

Lanjut Kapolres, bahwa Polres Asahan juga memberikan edukasi dan sosialisasi secara persuasif kepada masyarakat mengenai pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal lain, penyelesaian konflik di tanah air juga diselesaikan dengan baik oleh jajaran Polri. Hal ini bukti keseriusan dan kesungguhan Polri dalam menjaga kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, bangsa dan negara sebagai institusi yang berperan dan bertanggung jawab memelihara keamanan dan ketertiban.

Berbagai keberhasilan yang telah dicapai Polri selama ini, di satu sisi merupakan kebanggaan dan prestasi yang perlu disyukuri, namun perlu disadari, bahwa apa yang telah dicapai tidak semata-mata merupakan hasil kerja Polri, akan tetapi tidak terlepas dari adanya dukungan dan partisipasi masyarakat serta instansi lintas sektoral.

“Berbagai keberhasilan yang telah dicapai, dimana tentunya tidak terlepas dari dukungan dan peran serta masyarakat dan pendahulu Polri yang telah dengan gigih dan penuh dedikasi membangun dan membesarkan Polri.

“Saya atas nama Kapolres Asahan dan seluruh anggota Polres Asahan menyampaikan rasa hormat dan terima kasih atas sumbangan, dedikasi, semangat dan pengabdian masyarakat Kabupaten Asahan yang telah diberikan kepada Polres Asahan,” tutup Kapolres Asahan.

Pantauan beritanusa.com, acara peringatan Hari Bhayangkara ke -74 di Polres Asahan diawali dengan upacara nasional secara Video Conference (VidCon) dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo dilanjutkan dengan acara syukuran.

Acara itu dihadiri Bupati Asahan H. Surya, B. Sc., Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharudin Harahap, S. H., M. H., Kajari Asahan, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran, Perwaikilan Dandim 0208 Asahan, Perwakilan Danlanal Tanjung Balai Asahan (Kasub Dempom) dan para perwira serta personel Polres Asahan. (Yanto).