Tanggul Di Karang Baru Jebol, Ratusan Hektar Persawahan Tiga Desa Terendam

oleh -

Batu Bara | Bupati Batu Bara bersama dengan Kepala Dinas (Kadis) PUPR meninjau Irigasi Desa Karang Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar tanggul yang jebol akibat curah hujan membuat debet air tinggi, Senin (15/06/2020).

Terlihat, Bupati ditemani Kadis PUPR, Camat Datuk Tanah Datar, Kepala Desa Karang Baru, Gabungan Kelompok Tani dan masyarakat sekitar.

Dikesempatan tersebut, Salah Satu Masyarakat “Panut” bermohon kepada Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir MAP agar kiranya dapat melakukan pembenah terhadap tanggul yang jebol sekaligus menormalisasi sungai yang semakin dangkal.

“Akibat dangkalannya dasar sungai, disertai derasnya curahan hujan bisa mengakibatkan jebol nya tanggul membuat persawahan terendam” Ujarnya Panut.

Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP mengatakan Jebolnya tanggul ini mengakibatkan beberapa areal persawahan penduduk terendam air dari aliran Sungai Karang Baru.

Untuk itu, Pemerintahan Kabupaten Batu Bara hadir dalam rangka monitoring, Jebolnya tanggul akibat dari deras curahan hujan membuat debet air sungai tinggi, berdampak terhadap tiga Desa yaitu Desa Karang Baru, Binjai Baru dan Sei Muka dengan luas areal sekitar 148 Ha.

Disela – sela peninjauan itu, Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP memerintahkan Kadis PUPR untuk segera melakukan Normalisasi  dan Peninggian Tanggul yang Jebol.

Kadis PUPR Kabupaten Batu Bara Khairil Anwar menyampaikan bahwa Dinas PUPR akan langsung bergerak ke lokasi jebolnya tanggul setelah mendapatkan instruksi dari Bupati serta laporan dari Camat dan masyarakat.

Hal ini adalah reaksi cepat sebagai aparatur pemerintah guna menghadirkan negara ditengah – tengah masyarakat.

“Akan dinormalisasi dengan mengunakan alat berat, turun hari ini, kemudian akan meninggikan tanggul yang saat ini telah jebol” Kata Khairil. (Yusuf)