Satuan Yonif 407/PK Menggelar Tradisi Penyambutan dan Penerimaan Prajurit

oleh -

Tegal Kota | Tradisi penerimaan anggota atau personel baru di Satuan Yonif 407/PK merupakan acara tradisi yang wajib dilaksanakan dan diperuntukkan bagi anggota yang baru masuk di Kesatrian Yonif 407/PK. Acara tradisi merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan jiwa korsa, menanamkan rasa kebanggaan, memiliki dan mencintai, dan bertanggung jawab terhadap keberadaannya di satuan baru.

Pagi ini, Satuan Yonif 407/PK menggelar acara tradisi penyambutan dan penerimaan prajurit (anggota) baru. Kapten Inf Aji Danar Yudha Ketawang, secara resmi menjadi Prajurit Padmakusuma yang selanjutnya akan menduduki jabatan sebagai Wakil Komandan Yonif 407/PK.

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Mako Yonif 407/PK dengan penerapan prosedur (protokol) pencegahan penularan Covid-19. Prajurit dan Persit yang hadir harus menerapkan sosial distance, menggunakan masker dan mencuci tangan dengan handsanitizer yang sudah disediakan, Selasa (02/06/2020).

Tradisi penerimaan Prajurit baru dipimpin langsung oleh Komandan Yonif 407/PK Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. dan dihadiri oleh para Perwira Seksi, Komandan Kompi beserta anggota. Turut hadir, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Ranting 4 Yonif 407 beserta para pengurus.

Acara tradisi diawali dengan pernyataan penerimaan anggota baru oleh Komandan Yonif 407/PK selaku pimpinan acara. Kemudian dilanjutkan dengan penyiraman air kembang, pemberian air kelapa muda kepada Wadan Yonif 407/PK Kapten Inf Aji Danar Yudha Ketawang. Selanjutnya, sebagai anggota baru melaksanaan pembacaan Ikrar Prajurit Padmakusuma dan penciuman Bendera Tunggul Padmakusuma.

Dalam sambutannya, Danyonif 407/PK, atas nama pribadi, keluarga dan seluruh keluarga besar Yonif 407/Padmakusuma mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung kepada Wadanyonif 407/Padmakusuma Kapten Inf Aji Danar Yudha Ketawang.

“Tradisi penerimaan personel baru yang kita laksnakan ini sebagai bukti bahwa Satuan Yonif 407/Padmakusuma ini erat dengan tradisi dan sejarah serta makna-makna yang besar yang ditinggalkan oleh pendahulu-pendahulu kita,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Satuan Yonif 407/Padmakusuma adalah Satuan yang sangat dibanggakan. “Satuan ini didirikan atas dasar pengorbanan keringat bahkan nyawa yang telah dikorbankan oleh pendahulu-pendahulu kita. Apakah itu di medan tugas maupun medan damai, Satuan ini penuh dengan nama besar,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan hadirnya Wakil Komandan Yonif 407/Padmakusuma yang baru sudah pasti akan menambah khasanah, etos kerja, dan hal-hal yang baru yang dibawa oleh Wakil Komandan. Diharapkan anggota baru dapat menyatukan visi dan misi, memahami makna lambang dari kesatuan yaitu Padmakusuma yang berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI serta pokok-pokok kebijakan pimpinan dan protap satuan. Dengan demikian bagi prajurit yang baru memasuki satuan Yon if 407/PK dapat memberikan karya terbaik bagi kemajuan atuan, negara dan bangsa.

“Mari kita bersama-sama melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing untuk melaksanakan tugas yang diembankan oleh Satuan. Tidaklah kita berbuat hanya untuk perorangan, untuk Komandan, untuk Wadan maupun Perwira, akan tetapi berbuatlah untuk nama Satuan kita, bekerjalah untuk Institusi kita, karna kita mengabdi dan berkarya di Satuan kita,” begitu pungkasnya. (Nurul Islamiaty)