Satu lagi, Warga Asahan Terkonfirmasi Positif Covid-19

oleh -

Asahan | Pasca ditetapkannya 4 warga Kabupaten Asahan terkonfirmasi positif Covid-19, hari ini Kamis 25 Juni 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengumumkan 1 lagi warga Asahan MAP laki-laki (27) juga terkonfirmasi positif Covid-19.

MAP adalah warga Desa Dusun II Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten  Asahan yang selama ini bekerja sebagai karyawan PT AEP di Medan.

Demikian, disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmad Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si., Kamis (25/6/2020) dalam siaran persnya di Kisaran.

Hidayat menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterimanya, bahwa pada 22 Juni 2020 PT AEP melakukan pemeriksaan Swab terhadap seluruh karyawannya.

Diceritakannya, bahwa AEP tidak mempunyai riwayat demam tinggi yang disertai batuk. Namun, berdasarkan hasil uji Swab Nasofaring dan Orofaring dari RS Murni Teguh pada 24 Juni 2020, MAP terkonfirmasi positif Covid-19.

“Tidak ada riwayat penyakit dari MAP, namun setelah diperiksa yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19. MAP termasuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG),” ungkap Hidayat.

Menurut Hidayat, MAP saat ini tidak menjalani perawatan di rumah sakit dan hanya diberlakukan isolasi mandiri di rumahnya di Medan.

Masih menurut Hidayat, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan tidak melakukan pelacakan kontak erat (tracking), karena MAP selama 14 hari terakhir tidak tinggal sesuai alamat yang dimaksud dan tidak melakukan perjalanan ke luar kota.

“Kendati demikian, Surveilans Dinas Kesehatan Asahan bersama Puskesmas Hessa Air Genting tetap memantau perkembangan kesehatan keluarganya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Hidayat juga menyampaikan imbauan pemerintah, agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan memakai masker saat di luar rumah, sering cuci tangan pakai sabun usai melakukan kegiatan, berolahraga dan istirahat yang cukup serta mengonsumsi sayur dan buah yang segar.

“Dengan demikian, data terbaru Covid-19 di Asahan sampai hari ini, positif Covid-19 sebanyak 14 kasus dengan rincian, 3 sembuh, 2 meninggal dunia dan 9 masih dalam perawatan. Sedangkan untuk kasus PDP sebanyak 1 orang,” pungkasnya. (Yanto).