Satu Lagi, JL Warga Asahan Terkonfirmasi Covid-19

oleh -

Asahan | Berawal dari keluhan rasa sakit dan sesak di bagian dada, JL (56/P) warga Kecamatan Kota Kisaran Barat terkonfirmasi Corona Virus Disease (Covid-19).

Hal itu disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si. dalam siaran persnya, Kamis (16/7/2020) di Kisaran.

Hidayat menjelaskan, berawal dari keluhan rasa sakit dan sesak di bagian dada, JL memeriksakan kesehatannya di salah satu praktik dokter di Kisaran. Karena tak kunjung baik, pada 7 Juli 2020 JL berobat di Rumah Sakit Grand Medistra Medan.

Di Rumah Sakit Grand Medistra, JL dilakukan uji Rapid Tes dengan hasil uji reaktif Covid-19. Pada 8 Juli 2020, JL kemudian dirujuk dan dirawat secara intensif di Rumah Sakit Martha Friska Medan.

Dalam perawatan di Rumah Sakit Martha Friska, pada 10 Juli 2020, JL diambil spasimen sample untuk uji Swab sebanyak dua kali.

“Dari Hasil uji Swab yang dilakukan, pada 16 Juli 2020, JL terkonfirmasi Covid-19. Saat ini pasien dalam keadaan baik dan dirawat di Rumah Sakit Martha Friska Medan,” kata Hidayat.

Dengan terkonfirmasinya JL sebagai pasien Covid-19, menambah daftar panjang data warga Kabupaten Asahan terkonfirmasi Covid-19 menjadi sebanyak 31 orang dengan rincian, 7 orang dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia dan 19 orang masih menjalani perawatan dan isolasi mandiri.

Dalam upaya memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19, Surveilans Dinkes Asahan bekerjasama dengan  Puskesmas Sidodadi melakukan tracking kontak erat dengan pasien.

Hidayat terus menyampaikan imbauan pemerintah, agar masyarakat tetap memakai masker jika di luar rumah, cuci tangan pakai sabun jika usai berkegiatan, menghindari keramaian, dan jaga jarak aman.

“Selain itu,” kata Hidayat, untuk meningkatkan imunitas tubuh, masyarakat diimbau agar mengonsumsi buah dan sayuran segar, mengonsumsi vitamin dan berolahraga serta istirahat yang cukup. (Yanto).