Sat Polairud Polres Asahan Imbau Nelayan Utamakan Keselamatan Berlayar

oleh -
oleh
Sat Polairud Polres Asahan Imbau Nelayan Utamakan Keselamatan Berlayar
Keterangan Foto : Personel Sat Polair Polres Asahan Bripka Dedi Alhidayat Membantu Nelayan di Tengah Kesibukannya Patroli Laut, Kamis (13/01/2022) di Perairan Bagan Asahan. Foto : Dokumentasi Humas Polres Asahan/Yanto/beritanusa.

Asahan | Dalam upaya mengantisipasi adanya aktivitas kapal ilegal di perairan wilayah hukum Polres Asahan, personel Sat Polairud Polres Asahan melaksanakan kegiatan patroli laut di perairan Bagan Asahan, Kamis dan Jumat (13-14/01/2022) sekira pukul 20.00 WIB dan pukul 06.00 WIB.

Selain mengantisipasi adanya pelanggaran-pelanggaran, patroli juga menyampaikan imbauan agar para nelayan lebih mengutamakan keselamatan dalam berlayar di tengah laut.

Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, S.I.K., M.H. melalui PS. Kasat Polairud Polres Asahan Iptu Firdaus Panjaitan S.I.Kom menyampaikan, patroli perairan dimulai pada pukul 22.50 WIB yang dilaksanakan personel Bripka Dedi Alhidayat dan Bripka Noji Syamsuar menggunakan Kapal Patroli KP  II – 1027 dalam rangka memantau secara langsung situasi perairan wilayah hukum Polres Asahan dengan lego jangkar di koordinat N :.  3°     01′     39.3924″ dan E  : 99°     51′    47.2536″.

“Dalam kegiatan patroli tersebut,  personel melakukan Polmas Perairan dengan Public Speaking, berupa keselamatan berlayar agar terlebih dahulu melakukan pemerisaan mesin, melengkapi dan membawa dokumen kapal, melengkapi dan membawa alat-alat keselamatan berlayar seperti Jaket Pelampung, Ring boy, APAR dan Kotak P3K,” kata Iptu Firdaus Panjaitan S.I.Kom.

Dalam Polmas dengan Public Speaking, PS. Kasat Polairud mengatakan personel turut menyampaikan kepada masyarakat agar dapat menjadi mitra Polri dalam memelihara situasi Kamtibmas.

“Dengan memberikan informasi jika ada mengetahui pelanggaran atau  kejahatan seperti Ilegal fishing, TKI Ilegal yang keluar atau masuk dengan cara menumpang di kapal,  barang-barang illegal seperti Ballpress dan Narkoba,” ujarnya.

Kemudian pada pukul 01.15 WIB hari Jumat tanggal 14 Januari 2022, Iptu Firdaus menyebutkan personel melakukan pengejaran satu unit kapal yang datang dari Laut  tujuan Tanjung Balai,diposisi/koordinat N  =   3°   01′    39.0576″ dan E  = 99°   51′     46.0224″.

“Setelah diberhentikan, Kapal tersebut diketahui bernama KM Surya Baru 88 GT.12 No.3232  dinakhodai oleh Hasan Basri yang datang dari Laut tujuan Tanjung Balai dengan membawa 7 orang penumpang dan untuk kelengkapan dokumen kapal tersebut lengkap serta tidak ada di temukan barang-barang yang ilegal atau yang melanggar hukum,”ungkap Iptu Firdaus.

PS. Kasat Polairud Polres Asahan menyebutkan kegiatan patroli perairan tetap dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai arahan dari Kapolres Asahan untuk meningkatkan pemantauan situasi kamtibmas perairan, serta memetakan kawasan yang rawan akan gangguan kamtibmas guna mengantisipasi aksi-aksi pelayaran ilegal keluar masuk di perairan Asahan.

“Di samping itu kegiatan patroli perairan ini merupakan salah satu upaya penyekatan dan pemeriksaan penduduk pendatang, serta untuk tetap menjaga situasi kondusif perairan Wilayah hukum Polres Asahan,” pungkasnya. (Yanto)