Saka Bhayangkara Polda Sumut Ikuti Arahan Kapolda

oleh -76 Dilihat
Saka Bhayangkara Polda Sumut Ikuti Arahan Kapolda

Medan | Perkemahan Bakti Pramuka Bhayangkara Nasional (Pertikaranas) ke IV tahun 2022 yang digelar di Gandus, Palembang, Sumatera Selatan, resmi ditutup, Jumat (18/11/2022).

Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pertikaranas yang digelar selama 6 hari (13 sampai 18 November 2022) berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan, kegiatan ini dapat memberikan manfaat, secara pribadi sebagai peserta Saka Bhayangkara maupun organisasi,” ucapnya.

Atas nama masyarakat, Wakil Gubernur Sumatera Selatan ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus Pramuka yang ada di daerah setempat maupun daerah yang lainnya.

“Perkenankan kami atas nama masyarakat dan jajaran Pramuka di Sumatera Selatan. Kami sampaikan puji syukur atas terselenggaranya kegiatan ini. Pemerintah setempat, pengurus Kuarda sebagai tuan rumah, bagi kami kegiatan ini adalah momentum dan sejarah yang sangat penting,” tambahnya.

Baca Juga : Kapolda Sumut Pastikan Kebutuhan Warga Tersedia

Selanjutnya, dia juga menyampaikan bahwa  kegiatan perkemahan ini sangat baik untuk mempererat persaudaraan tanpa membeda-bedakan.

“Bagi Pramuka kegiatan ini sangat baik, dapat mempererat persaudaraan, tanpa membedakan ras, suku. Sifat ini merupakan esensi dari nilai yang dikembangkan dalam kegiatan Pramuka. Ini bagian penting bagi insan Indonesia yang berkarakter,” ungkapnya.

“Berbagai kegiatan dilakukan ini penting dan mendasar untuk menambah pengetahuan dan mungkin bisa menjadi bekal kepada adik adik dimasa kehidupan yang mendatang,” tambahnya

Kemudian, Wakil Gubernur Sumatera Selatan ini juga mengaku bahwa kegiatan ini sangat membantu masyarakat.

“Iya, kegiatan ini juga memberikan manfaat kepada masyarakat dan ekonominya. Kebutuhan makanan, pakaian dan lainnya. Bisa menggerakkan roda perekonomiannya, baik usaha mikro kecil dan menengah akan memberikan dampak yang positif,” tuturnya.

Beberapa tahun ini, mungkin Bumi Perkemahan Gandus ini tidak dikenal oleh masyarakat sekitar dan yang lainnya. Tapi sekarang sudah dikenal.

“Terima kasih kepada dukungan pemerintah pusat, Mabes Polri dan semua yang berperan dalam kegiatan ini. Ini berkat adanya kerjasama antara korda Sumatera Selatan dan pihak lainnya,” terangnya.

Baca Juga : Bunda PAUD : Dasar Masa Depan Anak Dibentuk Oleh Guru PAUDĀ 

Sekretaris Jenderal Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Mayjen TNI Purn Dr Bachtiar secara resmi menutup kegiatan Pertikaranas yang digelar di Palembang.

“Saya yakin kakak pembina dan adek peserta yang hadir pasti akan mendapatkan pembelajaran dan pelatihan yang tentunya dapat bermanfaat bagi kader Bhayangkara yang tangguh,” ucapnya.

Ditambahnya, menjelang pemilu 2024 yang suasana mulai terasa, Kuartir Nasional berharap Pramuka dapat membantu terselenggaranya pemilu yang tertib.

“Ini pesan Bapak Ketua Kuarnas Pramuka, Bapak Komjen Purn Budi Waseso. Pemilu harus berjalan dengan tertib dan sukses, anggota Pramuka harus ikut mengambil peran untuk suksesnya kegiatan ini,” katanya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Polri, Gubernur Sumatera Selatan dan pihak lainnnya yang turut serta dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Terima kasih kepada Kapolri dan jajaran. Terima kasih kepada Gubernur dan wakil Gubernur dan pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Selatan ini. Terima kasih kepada Kapolda Sumatera Selatan karena kegiatan berjalan dengan sukses,” terangnya.

Direktur Binmas Polda Sumut, Kombes Pol Ja’far Sodiq SH MM melalui Kasubdit Bintibsos AKBP Paulus Hotman Sinaga, S.I.K mengucapkan terima kasih seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan Pertikaranas ke IV di Gandus Palembang. Kegiatan berakhir dengan sukses.

“Kegiatan Pertikaranas ini telah resmi ditutup, kegiatan berjalan dengan baik dari sejak dimulai buka sampai ditutup,” ungkap AKBP Paulus Hotman Sinaga didampingi Ipda Mulia Riadi SH.

Diakuinya, dari Polda Sumut yang mengikuti kegiatan Pertikaranas sebanyak 70 orang termasuk dengan pembinaannya. Dari sejak dibuka sampai ditutup, seluruh peserta mengikuti kegiatan dengan semangat dan baik.

Baca Juga : Dengar Keluhan Masyarakat, Polresta Deli Serdang Rutin Gelar Jumat Curhat

“Sesuai dengan amanat dan imbauan dari Bapak Kapolda Sumut, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan semakin meningkat persaudaraan dan kekompakan. Semoga kekompakan dan persaudaraan sesama Saka Bhayangkara di Provinsi Sumut ini semakin baik,” terangnya.

Keterangan foto : Tim Saka Bhayangkara Polda Sumut ketika mengikuti kegiatan Pertikaranas ke IV di Gandus Palembang. (Dedi)