RDS Menciptakan Masyarakat Nagori Sehat, Cerdas dan Produktif

oleh -74 Dilihat
RDS Menciptakan Masyarakat Nagori Sehat, Cerdas Dan Produktif
Keterangan foto : Camat Huta Bayu Raja, Koordinator Tenaga Ahli bersama Perangkat Pangulu saat memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang RDS. (Beritanusa)

Simalungun | Rumah Desa Sehat (RDS) memiliki peran yang sangat penting bagi para penggiat pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Pembangunan Desa di Bidang Kesehatan, yang berfungsi sebagai Ruang  Kesehatan, Pusat penyebaran Informasi Kesehatan dan Forum Advokasi Kebijakan di bidang kesehatan.

Camat Huta Bayu Raja, Doni Sinaga mengatakan selama ini pengguna Dana Desa kurang sinkron, dimana baik itu maujana dan perangkat Nagori kurang memahami tupoksinya, sehingga akan sia sia sebenarnya Dana Desa itu jika tidak memahami tugas dan tanggung jawab masing masing”jadi kami sampaikan terima kasih pada tenaga ahli karena selama ini telah memberikan bimbingan dan ilmunya kepada perangkat Nagori” imbuh Doni Rabu(16/11/2022).

Lanjut Doni, terkait kegiatan ini kami sepakat akan membuat satu tim disetiap Dusun dan tim itu akan di SK kan (Surat Keputusan) didalam tim akan ada empat orang yakni Gamot, Maujana, kader posyandu, dan kaur Nagori,” tentunya mereka yang akan bertanggung jawab di dusun tersebut,  sehingga kita yakin pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten terbantu dengan program ini untuk kesehatan masyarakat “ungkapnya.

Baca Juga : Program Lapor Polisi, Polsek Sei Kepayang Imbau Warga Jauhi Judi

“Monitoring ini sangat bermanfaat bagi kita,menurut saya Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Simalungun begitu merakyat, memberikan pengetahuannya kepada masyarakat Kabupaten Simalungun sehingga Sumber Daya Manusianya bisa berkembang dan dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat,”kita yakin hasilnya akan tampak 2 tahun kedepan, setidaknya kita pastikan masyarakat di Huta Bayu akan sehat,cerdas dan produktif,intinya kita fokuskan kesehatan masyarakat,buat apa kita berharta dan lainnya tetapi fikiran tidak sehat,jadi pertama kita akan bangun dari posyandu,”ungkapnya mengakhiri.

Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Simalungun yakni Bunda Royani Harahap, pemerintah Kecamatan Huta Bayu Raja salah satu kecamatan di Kabupaten Simalungun terus memacu diri menciptakan masyarakat yang sehat,cerdas dan produktif, dengan mengadakan kegiatan monitoring RDS dan Pemberian Makan Tambahan (PMT) untuk tahun anggaran 2022, sekaligus evaluasi kader posyandu yang diadakan di Aula Nagori Maligas Bayu, Kecamatan Huta Bayu Raja, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Lanjut Royani,  bahwa hasil monitoring tersebut masih banyak yang harus dibenahi, “harapannya kita dengan kegiatan monitoring ini melalui RDS dengan PMT dan terkait Dana Desa semoga bisa sinkron dengan pemerintah kecamatan Huta Bayu Raja.

Pangulu Nagori Maligas Bayu Kasno Kuswoyo.SP, dalam sambutannya mengatakan bahwa Salah satu tujuan pembentukan Rumah Desa Sehat yaitu untuk terpenuhinya 5 ( lima ) paket layanan kegiatan konvergensi stunting diantaranya,Layanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Konseling Gizi Terpadu, Perlindungan Sosial, Sanitasi dan Air Bersih serta Layanan Pendidikan Anak Usia Dini.

Baca Juga : Pengebor Galangan Kapal Tewas Tersengat Listrik

Mewakili masyarakat beberapa Nagori, Pangulu  menyampaikan rasa terima kasih yang besar pada Tenaga Ahli yang telah berbagi ilmu pengetahuan kepada perangkat Nagori dan masyarakat, harapannya dengan monitor tersebut kedepannya kecamatan Huta Bayu bisa lebih dikenal di Simalungun dan provinsi Sumatera Utara. (Maringan)