PWI Sumut Salurkan Bantuan Pemprovsu kepada Wartawan Terdampak Covid-19, PWI Asahan Menerima 25 Paket Sembako dan APD

oleh -

Asahan | Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara menyalurkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berupa paket sembako kepada 350 wartawan anggota PWI se-Sumut, Selasa (9/6/2020) di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro 4 Medan.

Gubernur Sumatera Utara Eddy Ramayadi diwakili Sekretaris Kominfo H. M. Ayub, S. E. menyerahkan 350 paket sembako secara simbolis kepada Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, S. E. didampingi pengurus dan para ketua PWI Kabupaten /Kota se-sumatera Utara termasuk Ketua PWI Asahan Indra Sikoembang, S. H.

Ketua PWI Sumut H. Hermansjah, S. E. mengucapkan terima kasih kepada Pemprovsu atas kepedulian dan bantuan yang diberikan kepada wartawan terdampak Covid-19.

Hermansjah juga menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumatera Utara Eddy Rahmayadi, sejak mendengar kesulitan dialami media cetak di Sumatera Utara langsung menggelar diskusi dengan pengurus PWI dan Serikat Perusahaan Suratkabar (SPS) Sumut serta diikuti sejumlah Pemred dan pemimpin umum media cetak di Medan, 12 Mei 2020. Tindak-lanjut dari pertemuan itu terbentuk tim bersama di antaranya melibatkan sejumlah asisten dan kepala dinas di jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk mencari solusi mengatasi kesulitan dialami medi cetak di tengah pandemi.

Dipimpin Plt Kadiskominfo Irman Oemar juga sudah melaksanakan sejumlah kebijakan diantaranya mempercepat pembayaran iklan dan mengintensifkan kerjasama dengan sejumlah media yang sudah berjalan sejak awal Mei hingga akhir Juni serta melalui penerbitan advertorial melalui kerjasama penyebaran informasi Copid-19 dimulai akhir Juni sampai awal Juli 2020.

Tidak sampai di situ, lanjut Hermansjah, Gubsu melalui Surat Edaran No. 440/4271/2020 tanggal 02 Juni 2020 mengimbau agar Bupati/Walikota se-Sumatera Utara, Kepala OPD, Kepala BUMD di Lingkungan Provinsi Sumatera Utara untuk memanfaatkan media massa dalam sosialisasi pencegahan dan penanganan Copid-19 di Sumatera Utara.

“Kami sangat mengapresiasi langkah-langkah ditempuh gubernur bersama aparat jajaran Pemprov Sumatera Utara. Tidak saja bantuan kepada media dalam bentuk penerbitan iklan di media cetak, tapi juga menyosialisasikan agar jajaran pemerintah dan masyarakat di Sumut kembali bergairah untuk membaca surat kabar (koran),“ kata Hermansjah sembari menambahkan, termasuk instruksi melalaui dinas pendidikan untuk kembali menggairahkan agar pelajar dan siswa setingkat SLTA dirangsang aktif membaca koran. Baik di perpustakaan perpustakaan umum di jajaran sekolah maupun di lingkungan kedinasan yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Hermansjah juga mengatakan, selain bantuan sembako dari Pemprovsu, pihaknya juga menerima bantuan APD berupa Handsanitizer dan masker dari Perhimpunan Pengembang Media Nusantara (PPMN) Jakarta melalui Debora Sinambela serta produk susu dari Nestle diserahkan Pimpinan Nestle Grup Ngurah Tegar Mahardika diterima Wakil Ketua Bidang Kesra Drs Eddy Sormin MSP.

Pantauan beritanusa.com, Ketua PWI Sumut Hermanjah langsung menyalurkan bantuan tersebut kepada wartawan PWI se-Sumut diterima Ketua PWI Kabupaten /Kota sebagai mewakili seluruh wartawan.

Sementara, Ketua PWI Asahan Indra Sikoembang, S. H. yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprovsu dan Ketua PWI Sumut atas kepedulian dan bantuan yang diberikan kepada anggotanya terdampak Covid-19.

Indra mengatakan, PWI Asahan menerima 25 paket sembako dan APD sesuai dengan jumlah anggota PWI Asahan yang diserahkan Ketua PWI Sumut dan akan segera menyalurkan bantuan tersebut kepada anggotanya.

Turut hadir pada acara itu, Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Sumut H. Sofyan Harahap, pimpinan Nestle Sumut Ngurah Tegar Mahardika beserta staf, sejumlah Ketua PWI Kab/Kota dan anggota, Ketua Wartawan Unit Poldasu dan Polresta, Wartawan Unit Pemko/DPRD Medan, Wartawan Unit Hukum (PN Medan Dan Kejatisu) beserta undangan lainnya.(Yanto).