PPDB SMPN 1 Pangkalan Kerinci Dimulai Tanggal 6 Juli 2020 Memakai Sistem Online

oleh -

Pelalawan | Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, akan melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada tanggal 6 Juli hingga 9 Juli 2020 mendatang.

“Untuk daftar ulang akan dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2020”, ujar Kepala Sekolah SMPN 1, Pangkalan Kerinci Drs. Abu Thohir di Pangkalan Kerinci, Senin (8/6).

Dijelaskannya, PPDB akan dilakukan memakai sistem online sehingga ini sesuai dengan imbauan pemerintah yang tidak membolehkan berkumpulnya massa lebih dari sepuluh orang.

“Jadi kita lagi membuat website yang kelak akan digunakan untuk PPDB. Tentu ini sesuai dengan protokol kesehatan pada masa pendemi Covid19. Kalau nantinya telah siap akan kita sosialisasikan melalui spanduk dan pengumuman di sekolah,” ungkapnya.

Mengenai sistem penerimaan, sambungnya, tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni melalui sistem zonasi, jalur prestasi dan data kepindahan orangtua.

“Ini sesuai dengan Peraturan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Permendikbud) RI yang diperkuat oleh Peraturan Bupati (Perbup) Kabupaten Pelalawan,” jelas Kepala sekolah yang terbilang cukup lama memimpin di SMPN 1 Pangkalan Kerinci ini.

Secara umum, tambahnya lagi, persyaratan PPDB tersebut adalah melampirkan fotokopi sertifikat hasil ujian (SHU) sekolah, kartu keluarga dan akta kelahiran.

“Untuk penentuan zonasi siswa kita memakai GPS Google Maps serta berpatokan pada Kartu Keluarga sebagai bentuk tempat domisili,” terang dia.

Sedangkan untuk daya tampung sekolah, kata Ia lagi, terdiri dari 11 Rombongan Belajar (Rombel) yang masing-masing rombel terdiri 32 siswa sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Apabila pendaftar melebihi daya tampung, maka akan dirapatkan dengan pemkab Pelalawan untuk mencari solusinya,” katanya. (Anton)