Polres Bersama TNI Siap Amankan Pilkada Binjai

oleh -

Binjai | Polres Binjai bersama TNI melaksanakan Simulasi Pengamanan TPS dan Pengendalian Massa dalam rangka Ops Mantap Praja Toba 2020 Kamis ( 03/9/2020)  Pukul 09.00 wib di Lapangan bola polres binjai jalan sultan hasanuddin No.1 Binjai.

Hadir Saat Giat Simulasi Dandim 0203 Langkat  Letkol Infantri Bahctiar Susanto, Waka Polres Binjai Kompol Drs. Natanael Panjaitan, Kabag Ops AKP  Henman Limbong, SP, S.IK , Para Kasat Fungsi, Ketua KPU Binjai Zulfan Efendi, ST para Kapolsek Sejajaran , Ketua Bawaslu Arie Nurwanto, SH,MH , Pasi Ops Brimob Binjai Akp I Wayan Ketua PN. Agama Binjai Nizul Lubis, S,Hi, MA Kasi Intel Kejaksaan Iwan Roy Carles, SH Personil Polres Binjai dan Personil Kodim 0203/Langkat. 

Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, SIK selaku pimpinan apel menerima laporan dari kabag ops selaku komandan apel simulasi Akp Henman Limbong, SP, S.IK bahwa personil polres binjai bersama dan Tentara Nasional Indonesia siap untuk melaksanakan kegiatan simulasi ops mantap praja toba-2020.

Dalam arahannya kapolres binjai memerintahkan agar perserta simulasi mengikuti semua rangkain kegiatan dengan sungguh-sungguh, mengingat tidak tertutup kemungkinan nantinya pada saat pelaksanaan pemilu kada serentak pada tanggal 9 desember 2020 ada yang tidak terima dengan kekalahannya sehingga melalukan provokasi terhadap massa pendukung untuk melakukan tindakan pengerusakan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di NKRI.

Kegiatan simulasi pertama dilakukan pada saat pencoblosan surat suara di tps, namun ada warga masyarakat yang datang untuk memilih namun tidak dapat menunjukkan kartu pemilih sehingga petugas kpps memberikan penjelasan namun ianya tidak  menerima, sehingga masyarakat tersebut  melalukan provokasi terhadap massa pendukung tertentu.

Setelah selesai dilaksanakan pemungutan dan penghitungan surat suarat di tps, petugas kpps yang dikawal oleh opersonil tni-polri membawa surat suara ke kantor kpu binjai namun diperjalanan dilakukan penghadangan dan pengambilan kotak tps olah orang tidak dikenal (OTK), namun berkat laporan dari petugas di lapangan tim gakkumdu polres binjai dengan sigap dan cepat melakukan penangkapan terhadap OTK yang merampok kotak suara dan selanjutnya di boyong langsung ke kantor polres binjai untuk dilakukan proses hukum.

Akibat ketidak puasan massa pendukung terhadap hasil pemilu kada, massa kembali melakukan aksi unras ke kantor kpu binjai namun aksi massa tidak terkendali sehingga melakukan pembakaran ban dan pelemparan sehingga personil dalmas polres binjai langsung melakukan pengamanan di kantor kpu kota binjai sehingga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan polres binjai bersama tni dalam rangka simulasi pengamaan tps dan pengendalian massa pada saat pelaksanaan pilkada kota binjai tahun 2020.

Personil polres binjai dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya disaat berlangsungnya pentahapan kegiatan pemilu kada tahun 2020 di kota binjai.

Terjalinnya kerjasama dan sinergitas tni-polri dalam rangka mengamankan pemilu kada kota binjai tahun 2020.(ian)