Polres Asahan Tangkap 63 Orang Pelaku Tindak Pidana Perjudian

oleh -

Asahan | Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S. I. K. mengatakan, pihaknya telah berhasil menangkap dan memproses hukum 63 tersangka tindak pidana perjudian dalam kurun waktu 6 bulan terhitung Januari sampai Juli 2020.

Keenam puluh tiga tersangka tersebut berasal dari 53 tempat kejadian perkara (TKP) di 25 kecamatan di Kabupaten Asahan yang merupakan wilayah hukum Polres Asahan.

Hal itu dikatakan Nugroho saat menggelar konferensi pers, Rabu (29/7/2020) di Mapolres Asahan Jalan A. Yani Kisaran.

Nugroho menyebut, dari 53 kasus tindak pidana perjudian, 40 sudah diproses hingga tahap kedua dan dikirim ke kejaksaan, sedang 13 lainnya masih dalam proses penyidikan di Polres Asahan.

Pihaknya juga menyita barang bukti berupa handphone 50 unit, pulpen 23 buah, buku notes 30 buah, erek- erek 4 buah, buku tulis 5 buah, kertas kupon 29 lembar, tas 1 buah, rekap 3 lembar, kartu domino 1 set, kartu joker 1 set dan uang tunai sebesar Rp6.412.000.00,-

Menurut Nugroho, tindak pidana perjudian merupakan tindakan yang sangat meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab akhak dan mental baginya selama memimpin Polres Asahan.

Masih menurut Nugroho, tidak sedikit pihaknya mendapat berbagai tantangan yang dimonitor, baik dari Media Sosial maupun dari media lainnya.

Nugroho meminta kepada masyarakat dan media untuk bekerjasama dengan Polres Asahan dalam memberangus perjudian di Kabupaten Asahan.

“Saya tegaskan, tidak ada lagi tindak pidana perjudian di Asahan. Kalau ada yang coba-coba silahkan,” tegas Nugroho dengan nada peringatan.

“Para pelaku dijerat pasal 303 KUHP dengan ancaman hukuman selama 10 tahun penjara atau denda sebanyak-banyaknya Rp25.000.000.00;,” jelasnya.

Di akhir paparannya, Nugroho menyampaikan, pihaknya telah meningkatkan presentase hingga 500 persen dalam pengungkapan tindak pidana perjudian selama 7 bulan di tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 lalu.

Turut mendampingi Kapolres, Wakapolres Asahan Kompol MHD. Ikhwan, S.H.,M.H, Kabag Ops Kompol RD. Firman D, S.H.,M.H., Kasat Reskrim AKP Adrian Rizky Lubis, S.I.K, Kasubbag Humas AKP Edi Plantino, para Perwira Polres Asahan. (Yanto).