Perayaan Hari Raya IDUL FITRI 1441 H Warga Diminta Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan

oleh -

Nias Barat | Wakil Bupati Nias Barat pimpin rapat persiapan penyambutan hari raya Idul Fitri 1441 H tahun 2020 Kab.Nias Barat  Senin, 18 Mei 2020, Pukul 12.30-13.30 WIB

Kata pembukaan dari Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö yang menjelaskan inti dari materi rapat berkaitan penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1441 H di tahun 2020 dan bertepatan di saat Pandemi Virus Corona saat ini. Oleh karena itu, terima kasih sudah datang kepada Pengurus MUI Kab. Nias Barat dan hari mari kita diskusikan seperti apa mekanisme pelaksanaan penyambutan Hari Raya Idul Fitri 1441 H kali ini, tentu  pelaksanaan Sholat Ibadah Idul Fitri ini kita laksanakan dengan tetap memperhatikan protokol Kesehatan dalam situasi Pandemi Covid-19, ujar Sekda.

Arahan dan bimbingan Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu, seraya menjelaskan seputar kegiatan penyaluran Bantuan Sosial Tunai Kemensos RI yang barusan kita lounching tadi di Kantor Pos Sirombu. Kita berharap bantuan ini dapat bermanfaat kepada Keluarga yang menerima. Walaupun kita sadari bahwa Bansos dampak Covid-19 ini sedikit polemik bagi kita; karena sebenarnya semua kita mengalami dampak Virus Corona ini, namun apapun itu kita tetap mempedomani data yang ada, ujar Wabup.

Hari ini kita mencoba diskusi terkait menyambut Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada tanggal 24 Mei 2020 dalam situasi Pandemi Covid-19 saat ini. Berhubung sampai saat ini belum dicabut aturan Ibadah di Gereja dan Ibadah di Masjid dan pada saat Hari raya nanti diharapkan pawai malam takbiran memang harus di dalam Masjid dan juga Sholat Ibadah Idul Fitri diharapkan dapat terlaksana di dalam Masjid juga, karena kita mesti harus waspada dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun demikian kita akan diskusikan hal ini, tandas Wabup.

Lebih lanjut di sampaikan Wakil Bupati bahwa peperangan iman selama kita menjalankan Ibadah Ramadhan, merupakan kewajiban kita sebagai umat yang soleh, ujar Wabup.

Pemkab. Nias Barat melalui Gugus Tugas Covid-19 akan menyiapkan lima set tempat Cuci Tangan untuk lima Masjid sebagai dukungan pemerintah akan Perayaan Hari Raya Idul Fitri kali ini, tutur Wabup mengakhiri.

Acara selanjutnya yakni diskusi yang dipandu oleh Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulö. Rapat ini juga di ikuti oleh Dandim 0213/Nias Letkol.Inf.TP Lubuan Simbolon, Asisten Administrasi Rosedi Daeli, SE.,MM, Asisten II Yupiter Hia, S IP.,MM, Hadrianus Hia, S Pd.,MM, Wakapolres Nias Kompol. Yafao Harefa, SH, Kadis Sosial Nias Barat Drs. Ekonomi Daeli, Kaban BPBD Drs. Filifo Daeli, MM, Camat Sirombu Rosevelt Hia, S.Pd.,MM, Kapolsek Sirombu Ipda. Osiduhugö Daeli, Danramil 09/Sirombu Kapten.Inf. Aman Simbolon. ( Yunianto)