Penyaluaran Bantuan Jaring Pengaman Sosial Provinsi Sumut Diharapkan Berjalan Baik

oleh -

Nias Barat| Rapat  teknis penyaluaran  bantuan jaring pengaman sosial Provinsi  Sumut dilaksanakan Senin 18 mei 2020.Jam 14.40-16.00 WIB, Diawali dengan pembukaan dari Sekda Prof. Dr. Fakhili Gulö yang sebelumnya membacakan SK Tim Penyaluran Bantuan Jaring Pengaman Sosial Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pengarahan tugas, Bupati Nias Barat mengatakan harapan kita bahwa penyaluran Bansos dampak Pandemi Covid-19 yang akan  dan sedang berlangsung saat ini, dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang ada. Saat ini semua mata tertuju kepada kita di saat sekarang ini dalam situasi penyaluran Bansos dan kinerja kita sedang di uji;  maka dengan itu diharapkan keseriusan dan kerjasama yang baik dari. seluruh pihak terkait. Disamping itu, bahwa ini adalah tugas yang sangat mulia dan murni pengabdian tanpa pamrih dari kita. Dukungan TNI/Polri dan Satpol PP sangat diharapkan dalam kegiatan ini serta Camat sebagai garda terdepan dalam menjaga kondusifnya lapangan, tandas Bupati mengawali pengarahannya.

Lebih lanjut Bupati sampaikan “kita di uji sekali ini, apakah pembagian Bansos di wilayah Kabupatèn Nias Barat berjalan dan berhasil dengan baik, tanpa ada riak-riak dan kericuhan diantara masyarakat yang kita layani. Besok kita mulai membagi Bansos Pangan (JPS Provinsi Sumut) ini di Kecamatan Ulu Moro’ö dan hari kedua di Kec. Moro’ö yang langsung dipimpin Bupati sedangkan di Kecamatan Mandrehe Barat dipimpin oleh Wakil Bupati dan Kecamatan Lahömi di pimpin oleh Sekda dan anggotanya, sementara untuk kecamatan Mandrehe, Mandrehe Utara dan Lölöfitu Moi kita jadwalkan berikut karena hari kamis libur, ujar Bupati.

Setelah itu, kita salurkan Bansos Pangan Kabupatèn dimana datanya sedang di godok oleh Sekretariat Posko dengan quota 20% dari jumlah desa, sedangkan yang menentukan siapa-siapa keluarga prnerima manfaat (KPM) di percayakan kepada kepala desa masing-masing; kemudian kita sandingkan dengan penyerahan Bansos bagi Hamba Tuhan. Silahkan kita diskusikan seperti apa mekanisme lain agar penyaluran Bansos ini berjalan dengan baik. Hidup ini memang serba salah, 1000 kali kebaikan yang kita lakukan, semua sirna ketika ada sedikit saja kelemahan yang kita perbuat. Oleh itu mari kita bekerja sesuai aturan, ujar Bupati mengakhiri.

Selanjutnya Sekda memandu ruang diskusi yang diawali penyampaian informasi data penerima bansos dari Kadis Sosial. Rapat ini di ikuti oleh Bupati, Sekda, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD dan seluruh Camat se-Kabupaten Nias Barat. ( Yunianto)