Pemkot Tegal akan Terapkan Sistem Kabel Telekomunikasi Bawah Tanah

oleh -
oleh
Pemkot Tegal akan Terapkan Sistem Kabel Telekomunikasi Bawah Tanah

Jakarta | Pemkot Tegal akan mempercantik wajah Kotanya. Salah satunya dengan rencana menurunkan jalur kabel telekomunikasi yang berada di atas melalui jalur bawah tanah dengan sistem ducting.

Hal tersebut nampak dalam diskusi Rencana Penyediaan Ducting Bersama di Kota Tegal, bersama Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) dan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi Indonesia (APJATEL Indonesia) di Gedung Permata Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis 10 Desember 2020

Hadir dalam diskusi tersebut, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, S.T., M.M., dan Direktur Eksekutif ATSI Sutrisman. Wakil Wali Kota didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tegal, Drs. Markus WP dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Tegal, M Rudy Herstyawan, S.T., M.Si.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi menyampaikan Pemerintah Kota bersama ATSI  dan APJATEL Indonesia, berdiskusi terkait bagaimana transformasi digital di Kota Tegal, dengan menata infrastruktur, bagaimana agar kabel-kabel telekomunikasi bisa tertata dengan menggunakan sistem ducting.

“Salah satunya adalah bagaimana infrastruktur Kota Tegal agar lebih bagus, bagaimana kabel-kabel telekomunikasi yang selama ini masih berada di atas, akan ditata di bawah, sesuai arahan Pak Wali untuk ducting di Kota Tegal,” tutur Jumadi

Jumadi menyampaikan, hari ini pihaknya berdiskusi awal, bagaimana agar Pemkot Tegal bisa memberikan suporting kepada masyarakat secara baik, khususnya pelayanan kepada masyarakat dibidang telekomunikasi, yang selama ini mungkin kurang mendapat perhatian dari Pemerintah terhadap hal tersebut.

“Kami berdiskusi agar mendapatkan solusi terbaik, agar kita bisa memberikan layanan kepada publik terkait layanan telekomunikasi dengan harga yang affordable, tentu saja dengan infrastruktur yang baik, makanya, kerapihan, efisiensi,  efektifitas dan perkembangan kedepan agar telekomunikasi di Kota Tegal bisa lebih bagus. Dengan cara apa? Dengan cara ducting bersama. Jadi kita mencoba untuk membangun ducting di Kota Tegal. Semua itu kita diskusikan kepada ahlinya APJATEL dan ATSI. Diskusi bersama untuk bisa memberikan servis kepada masyarakat,” jelas Jumadi.

Direktur Eksekutif ATSI Sutrisman menyampaikan penghargaan terhadap apa yang disampaikan oleh Pemkot Tegal melalui Wakil Wali Kota, atas rencana penataan kabel telekomunikasi melalui sistem ducting.

Pihaknya bersama seluruh anggota ATSI mendukung sepenuhnya apa yang sudah direncanakan, yang tentu saja pada gilirannya masyarakat di Kota Tegal akan mendapatkan layanan yang terbaik, dalam rangka transformasi digital dan era komunikasi berbasis teknologi digital.

“Kami menyampaikan penghargaan terhadap apa yang disampaikan oleh Pemerintah Kota Tegal melalui Wakil Wali Kota dan kami semua anggota ATSI mendukung sepenuhnya apa yang sudah direncanakan, yang tentu saja pada gilirannya masyarakat di Kota Tegal akan mendapatkan layanan yang terbaik, dalam rangka transformasi digital dan era komunikasi berbasis teknologi digital,” jelas Sutrisman

Sutrisman berharap, mudah-mudahan apa yang kita rencanakan pada saatnya akan dapat kita wujudkan oleh Pemerintah Kota Tegal.

Dalam diskusi tersebut, salah satu perusahaan penyedia broadband nasional, menawarkan akan berinvestasi 100% terkait rencana penataan kabel telekomunikasi dengan sistem ducting di Kota Tegal.(Dasuki)