Pemkab Simalungun Serahkan Sarana Pengelolaan Sampah ke Kecamatan

oleh -
Pemkab Simalungun Serahkan Sarana Pengelolaan Sampah ke Kecamatan
Keterangan foto : Kadis Lingkungan Hidup Misliani Saragih saat menyerahkan gerobak sampah kepada salah seorang camat.(ist/Beritanusa)

Simalungun | Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Simalungun Dra Mislaini Saragih, menyerahkan sarana pengelolaan sampah kepada kecamatan bertempat di kantor Bupati Simalungun, Pematang Raya, Senin ( 7/6/2021).

Penambahan sarana pengelolaan sampah tersebut untuk mendukung pengelolaan sampah yang sudah sejak beberapa tahun ini dilimpahkan di sejumlah kecamatan.

Adapun jenis sarana pengelolaan sampah yang di serahkan ke kecamatan yaitu, dump truk sampah kapasitas 6 m³ sebanyak 3 unit diserahkan kepada kecamatan Tanah Jawa,  Dolok Panribuan dan Tapian Dolok.

Selain itu sarana pengelolaan sampah berupa arm roll truk sampah, dengan kapasitas 6 m³ sebanyak 2 unit diserahkan kepada kecamatan Bandar dan Girsang Sipangan Bolon.

Selanjutnya sarana pengelolaan sampah berupa kontainer arm roll truk sampah kapasitas 6 m³ sebanyak 4 unit diserahkan kepada kecamatan Girsang Sipangan Bolon,  Bandar dan Dolok Panribuan.

Disamping itu ada juga sarana pengelolaan sampah berupa motor sampah roda tiga sebanyak 12 unit diserahkan kepada kecamatan Panombeian Panei sebanyak 4 unit,  Silou Kahean 4 unit dan Raya Kahean 4 unit.

Selanjutnya, sarana pegelolaan sampah lainnya yang di serahkan ke kecamatan berupa gerobak pilah berkapasitas 0,3 ton sebanyak 10 unit. Sarana ini diserahkan kepada kecamatan Raya sebanyak 1 unit,  Dolok Pardamean 6 unit,  Silimakuta 1 unit,  Ujung Padang 2 unit.

Kadis Lingkungan Hidup mengatakan dengan telah diserahkannya sarana pendukung pengelolaan sampah seluruhnya kepada pihak kecamatan, diharapkan dengan sarana ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan persampahan demi lingkungan yang bersih dan sehat.

Misliani juga dalam kesempatan itu mengatakan, bahwa sarana pengelolaan sampah itu berasal dari Dana Alokasi Khusus ( DAK) fisik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun ini yang memberikan DAK fisik untuk kabupaten Simalungun dalam rangka pengadaan sarana dan prasarana pengelolaan sampah.

Oleh karena itu,  Mislaini mengharapkan kepada pihak kecamatan untuk merawat sarana ini seperti milik sendiri agar pelayanan pengelolaan sampah di Simalungun dapat terlaksana dengan baik. 

“Rawatlah mobil ini seperti milik sendiri supaya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan pengelolaan sampah di Kabupaten Simalungun,”katanya. (Susan)