Pemkab Simalungun Gelar Pesparawi Tahun 2022 di Parapat

oleh -34 Dilihat
Pemkab Simalungun Gelar Pesparawi Tahun 2022 di Parapat
Keterangan foto : Bupati Simalungun didampingi istri dan Wakil Bupati beserta panitia saat membuka Pesta Pesparawi di Parapat, Jumat, (18/11/2022).(beritanusa/ Ist)

Simalungun | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun menggelar kegiatan Pesta Paduan Suara (Pesparawi) Kabupaten Simalungun Tahun 2022 yang dipusatkan di Open Stage Parapat kelurahan Tigaraja Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Sumut, Jumat (18/11/2022).

Kegiatan Pesparawi ini mengusung tema “Harmoni Dalam Keberagaman”, diawali dengan kebaktian yang dipimpin oleh Pdt Erni Julianti Purba.

Secara resmi kegiatan Pesparawi itu dibuka oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam kesempatan ini Bupati didampingi Wakil Bupati H Zonny Waldi, Ketua TP PKK Ny Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga, Sekda dan unsur Forkopimda.

Ketua umum panitia Esron Sinaga dalam laporannya menyampaikan, Pesparawi berlangsung selama dua hari (18 – 19 November 2022) diikuti oleh peserta dari 32 Kecamatan se-Kabupaten Simalungun.

Perlombaan Pesparawi ini di bagi dalam 4 kategori, yakni Paduan Suara Dewasa campuran diikuti 25 Kecamatan, Paduan Suara Pria 7 Kecamatan, Paduan Suara Anak 15 Kecamatan dan Vokal Group 19 Kecamatan, yang berlangsung di tiga lokasi, Open Stage (Pagoda) Parapat, Gereja HKBP Parapat dan Gereja GKPS Parapat.

Baca Juga : PLN Sosialisasikan Forum Keselamatan Ketenaga Listrikan Bersama Stakeholder 2022 dan New PLN Mobile

Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan Pesparawi merupakan sarana untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang budaya yang bernafaskan kekristenan, sekaligus sumber motivasi dan inspirasi untuk mempererat tali persaudaraan dan rasa kebersamaan di tengah-tengah Kebhinekaan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Melalui Pesparawi, Bupati berharap dapat menjaring dan membangun talenta talenta baru yang unggul. “Selamat bertanding dan memuji Tuhan. Berikan kemampuan terbaik dan semoga nama Tuhan lah yang termuliakan dalam kegiatan ini, “kata Bupati.

“Bertandinglah secara sportif. Bukan hanya penampilan dan keseragaman dalam kegiatan ini, tapi tampilkanlah nilai-nilai sosial budaya di Kabupaten Simalungun. Ini yang harus kita rawat dengan keberagaman ini,”ucap Bupati.

Menurut Bupati keseragaman salah satu untuk merajut keberagaman di Kabupaten Simalungun. Apalagi Kabupaten Simalungun adalah miniaturnya Indonesia. “Semua ada di Simalungun, dan inilah sebenarnya nilai-nilai yang perlu kita jaga dan kita rawat bersama-sama,”sebut Bupati.

Sebelumnya Ketua DPRD diwakili Tumpak Silitonga dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat dan DPRD menyambut gembira kegiatan ini, karena sangat bermanfaat untuk mendukung program Kabupaten Simalungun yang religi.

“Semoga dengan lantunan lagu rohani di Pesparawi, iblis lari dari hati kita sehingga kita dapat membangun Simalungun dengan hati yang baik. Kami berharap agar kegiatan ini berlangsung setiap tahun,”kata Tumpak.

Baca Juga : 20 – 29 November, KPU Binjai Buka Pendaftaran PPK

Tampak hadir, Anggota DPRD Benfri Sinaga, para staf ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat, Ketua LPPD Provsu Arnot Napitupulu, Kakan Kemenag diwakili Azril Azwan Sirait, Ketua FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) H Nurdin Panjaitan, Ketua BKAG Pdt JMP Siregar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Bernadetta Esron Sinaga, BNN dan pimpinan Perbankan. (Susan)