Pemkab Nias Barat Turut Berduka Atas Meninggalnya Ama Famo Waruwu

oleh -

Nias Barat | Kunjungan duka Pemerintah Kabupaten Nias Barat, atas meninggalnya orangtua dari mantan Watua DPRD Famoni Waruwu, orangtua dari Kades Hilimberua Na’a Ama Samu Waruwu, Tokoh Masyarakat Nias Barat mendiang Alm. Fondrorogö Waruwu alias  Ama Famoni Waruwu di desa Hilimberua Na’a Kec. Sirombu Selasa, 5 Mei 2020.

Hadir dalam acara kunjungan duka (melayat) ini Bupati Nias Barat Bapak Faduhusi Daely, S.Pd, Wakil Bupati Nias Barat Bapak Khenoki Waruwu, Sekda Nias Barat Bapak Prof. Dr. Fakhili Gulö, Asisten Adm.Umum Rosedi Daeli, SE.,MM, Staf Ahli Bupati Hadrianus Hia, S.Pd.,MM, Asisten II Yupiter Hia, S.IP.,MM dan sejumlah rombongan.

Acara diawali dengan Kata pengantar dari pemandu acara dilanjutkan dengan kata Penghiburan dari Bapak Ama Shinta Waruwu (Wakil Bupati Nias Barat); yang menyampaikan rasa duka yang sangat mendalam atas berpulangnya orangtua tercinta alm. Bapak Ama Famo Waruwu yang adalah orangtua dari mantan Watua DPRD Nias Barat Famoni Waruwu (Ama Dian), orangtua dari Kades Hilimberua Na’a Otenieli Waruwu. Sungguh amat menyakitkan bila orangtua meninggal dan pergi untuk selama-lamanya. Karena seorang Ayah adalah pahlawan kehidupan bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, kepada keluarga yang ditinggal kiranya kepergian orangtua kita ini, kita jadikan sebagai kekuatan iman, untuk lebih meningkatnya lagi rasa persatuan dan kesatuan dalam keluarga dan dalam persaudaraan. Kami yakin bahwa Bapak Ama Dian sebagai anak tertua dari almarhum, mampu menyatukan dan membangun kebersamaan untuk melanjutkan apa yang telah di rintis oleh orangtua kita almarhum selama hudupnya, ujar Wabup.

Lebih lanjut disampaikan Wakil Bupati bahwa sekiranya masih ada hal yang dirasakan kurang dan belum diperbuat buat Ayah tercinta, mumpung Ibu masih ada dan kita curahkan kasih itu kepada beliau selagi masih hidup. Dan, kami percaya saudara-saudaraku ditempat ini, tak akan diragukan akan hal itu, ujar Wakil Bupati.

Dilanjutkan Kata Penghiburan dari Bupati Nias Barat mewakili Pemerintah Kabupatèn Nias Barat yang sedikit menjelaskan kondisi kunjungan duka yang hanya dihadiri beberapa Pejabat di jajaran Pemkab. Nias Barat berhubung mengindahkan ketentuan protokol kesehatan saat Virus Corona mewabah di seluruh seantaro negeri bahkan dunia saat ini.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa almarhum adalah orangtua dari mantan Watua DPRD Nias Barat Bapak Famoni Waruwu (Ama Dian), orangtua dari Kades Hilimberua Na’a Bapak Otenieli Waruwu aliaz Ama Samu, orangtua dari personil ASN Ibu Ina Dian Waruwu. Kepergian Orangtua kita ini, memang harus kita ikhlaskan, karena kematian adalah wujud akhir dari sebuah kehidupan di dunia, tutur Bupati.

Kita anak-2; tidak akan pernah bisa membalas jasa dan jeripayah orangtua, membesarkan, menjaga, merawat dan menjadikan kita menjadi manusia berguna. Disitu kita balas semua kebaikkan orangtua kita yakni kepada orang lain dan kepada keluarga. Saat ini kita sedang dilanda ketakutan akan Virus Corona, dimana ada begitu banyak peraturan yang melarang kita saat ini dan sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhinya. Kita memang tidak takut akan kematian, karena itu merupakan pintu yg harus kita lewati, tetapi sebagai manusia wajib kita waspada menjaga kehidupan ini lebih baik. Apa yang telah dicapai oleh anak-anak mendiang almarhum, merupakan kebanggan tersendiri bagi orangtia kita yang membuat hatinya tentang, karena semua beban hidup sudah selesai, ujar Bupati.

Walaupun secuil kontribusi yang telah diberikan oleh Bapak Ama Dian dan keluarga duka ditenpat ini untuk daerah, tetapi hal itu patut diapresiasi. Sama dengan apa yang telah dilakukan oleh kami Pemerintah saat ini; dalam empat tahun sudah kami mengabdi, tetapi dapat dirasakan oleh masyarakat, baik pembangunan infrastrukrur jalan, jembatan, Rumah Sakit, sejumlah Puskesmas dan bangunan lainnya. Juga pembebasan uang komite bagi anak-anak sekolah melalui perekrutan GKD yang berjumlah ribuan orang dan berbagai program lain, meskipun masih ada yang merasa belum puas, namun semua itu harus kita syukuri, tandas Bupati.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Nias Barat mengucapkan Turut Berduka cita atas meninggalnya orangtua kita yang kita kasihi, semoga jasa-jasanya dikenang dan ditempatkan di sisi Tuhan kita Yesus Kristus, ujar Bupati mengakhiri.

Selanjutnya Doa syafaat dipandu oleh Asisten Administrasi Umum Bapak Rosedi Daeli, SE.,MM.

Sepatah kata dari keluarga duka oleh Bapak Ama Dian Waruwu (Putra Pertama dari almaehum) beliau mengucapkan banyak terima kasih dan sangat apresiasi kepada Pemkab. Nias Barat atas kunjungan kepada keluarga kami pada kepergian orangtua kami, ayah kami tercinta saat ini. Tiada balasan dari kami, semoga dalam tugas memimpin roda pemerintahan di Nias Barat lebih dimampukan lagi, ujar Ama Dian.

Lebih lanjut Ama Dian sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya bahwa Pemkab.Nias Barat telah melakukan banyak hal pembangunan termasuk item pembangunan yang saya bawa saat menjabat sebagai anggota DPRD. Harus diakui, banyak terobosan yang telah dilakukan pemerintahan  FAKHE dan sebagai salah seorang yang berjuang saat kampanye, saya dan kami semua harus “bangga” akan hal itu. Kami berharap, kedepan akan lebih ditingkatkan lagi, ujar Ama Dian mewakili keluarga duka.(Yunianto)