Pemkab Asahan dan Forkopimda Tinjau Vaksinasi Massal

oleh -
Pemkab Asahan dan Forkopimda Tinjau Vaksinasi Massal
Keterangan foto : Wabup Asahan Taufik Zainal Abidin, S. Sos., M. Si. Saat Meninjau Puskesmas Gambir Baru Pelaksana Vaksinasi Massal, Senin (7/6/2021). Foto : Yanto/beritanusa.

Asahan | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi massal Covid-19, Senin (7/6/2021) di beberapa Puskesmas di Kabupaten Asahan.

Puskesmas yang mendapat kunjungan di antaranya Puskesmas Sidodadi Kisaran Barat, Puskesmas Gambir Garu Kisaran Timur, Puskesmas Mutiara Kisaran Timur, Air Teluk Kiri Teluk Dalam, Gonting Malaha Bandar Pulau, Puskesmas Setia Janji, Puskesmas Pulo Bandring dan Puskesmas Hessa Air Genting dengan sasaran Vaksinasi Lansia sebanyak 188 orang, Guru TK 210 orang, Guru Paud 165 orang dan Guru Sekolah dasar 300 orang.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S. Sos., M. Si., menegaskan bahwa vaksinasi massal ini tetap harus mengedepankan disiplin protokol kesehatan dalam pelaksanaannya sesuai anjuran pemerintah.

“Sebelumnya, Pemkab Asahan telah melaksanakan vaksinasi covid-19 dengan sasaran antara lain TNI/Polri, Nakes, pelayanan publik dan Lansia. Saat ini ada sebanyak 14.161 orang yang sudah divaksin dosis I, dan 6.970 orang yang sudah divaksin dosis II,” tegas Taufik.

Kegiatan vaksinasi massal ini sejalan dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akdemik 2020/2021 Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Insya Allah, sistem pembelajaran secara tatap muka di Kabupaten Asahan akan dilaksanakan pada bulan Juli ini,” ucapnya.

Taufik menegaskan kepada seluruh masyarakat yang hadir dan sudah di vaksin, kedepannya jangan lalai dalam menjalankan protokol kesehatan, karena bagaimana pun walau sudah divaksin, seluruh masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Mewakili Forkopimda Wakapolres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar, S.H.  mengatakan, vaksinasi merupakan suatu upaya untuk membentuk kekebalan tubuh dan kelompok/Herd Immunity, menurunkan kesakitan dan kematian terhadap Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

“TNI dan Polri sebagai garda terdepan tentunya selalu siap dan saling bersinergi dalam mendukung pelaksanaan vaksin di Kabupaten Asahan ini,” tegas Sri.

Hadir dalam kunjungan tersebut, Kajari Asahan, Ketua PN (mewakili), Danlanal TB/AS, Danyonif 126/KC, serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Elfina br.Tarigan, MKT. (Yanto).