Pembayaran Bantuan Langsung Tunai Tahap Pertama Tuntas

oleh -
oleh
Pembayaran Bantuan Langsung Tunai Tahap Pertama Tuntas
Foto : Srinoralita

Pelalawan |  Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan telah menuntaskan pembayaran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama bagi warga yang terdampak Corona Virus Desease 2019 (Covid19).

Total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang telah mendapatkan bantuan tersebut sebanyak 2.828 Kepala Keluarga (KK) yang terdapat di 118 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Setiap KPM mendapat bantuan BLT sebesar Rp600.000 perbulan.

“Kita saat ini sedang melakukan verifikasi data penerima BLT tahap satu, karena diduga cukup banyak penerima yang tidak layak untuk mendapatkan bantuan tersebut,” ujar Kadis Sosial Kabupaten Pelalawan Srinoralita, di Pangkalan Kerinci, Selasa (6/10).

Dijelaskannya lagi, persoalan yang mengharuskan dilakukannya evaluasi data karena ditemukan adanya penerima ganda, peserta BLT menjadi peserta penerima bantuan lainnya lalu ada Kepala Keluarga yang menerima dua kali BLT hingga adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang juga menerima BLT.

“Inilah yang membuat kita harus kembali memeriksa ulang data-data penerima BLT. Memang ini tidak banyak namun ini harus dibereskan dulu baru kita masuk pada tahap selanjutnya,” ungkap dia lagi.

Kemudian terang dia lagi, pihak juga saat ini lagi menerima berkas dari desa dan kelurahan juga warga masyarakat yang pada tahap pertama tidak terdaftar dalam KPM.

“Kita lagi menerima berkas yang masuk belakangan untuk penerima BLT tahap II dan selanjutnya akan kita kirimkan ke BPKP untuk dilakukan verifikasi demi menghindarkan penerima ganda dan penerima yang tidak layak karena status pekerjaan,” terangnya.

Jadi kata Ia lagi, pihaknya saat ini telah memasukan nama-nama warga  pengganti KPM yang tidak layak sekaligus menunggu hasil verifikasi BPKP.

“Ini agar warga yang tidak menerima pada tahap pertama dapat menerima pada tahap II,” katanya. (anton).