Pembangunan Pelabuhan Hub Internasional, Bupati Batu Bara Serahkan Berkas Final Persiapan Tanah

oleh -

Batu Bara | Bupati Batu Bara Ir Zahir M.AP menyerahkan berkas final persiapan tanah, yang sebelumnya  telah menandatangani Penlok di Depan Gubernur Sumatera Utara(Gubsu). Dimana pemerintah Kabupaten Batu Bara tentunya mendukung program pembangunan kawasan industri dan Pelabuhan yang akan berdiri di Kabupaten Batu Bara.

Acara penyerahan Hasil Pekerjaan Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Pelabuhan Hub Internasional dan Fasilitas Penunjang Kawasan Pelabuhan Kuala Tanjung, Rabu(10/06/2020 di Medan.

Bupati Batu Bara Ir Zahir MAP mengatakan atas kerjasama yang baik dilakukan disertai dengan kerja keras, berkomunikasi sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan baik, Pembangunan nantinya dapat terwujud.

Dimana, Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah menetapkan harga Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) baru, dilakukan dengan harapan dapat mengurangi masalah – masalah yang terjadi di lapangan untuk memudahkan proses pengadaan tanah kedepannya.

Dengan adanya pembangunan kawasan Industri di Kabupaten Batu Bara nantinya menampung tenaga kerja khususnya masyarakat Batu Bara, sehingga dapat menekan angka pengangguran yang berdampak baik dirasakan langsung oleh masyarakat.

Ketua tim Persiapan Pengadaan Tanah, Sekretaris Daerah(Sekda) Kabupaten Batu Bara Alam Sakti dalam laporanya menyampaikan bahwa tim persiapan telah melakukan verifikasi dokumen perencanaan sekaligus penyusunan jadwal pelaksanaan tahapan persiapan.

Selain dari itu, melakukan tahapan pemberitahuan rencana pengadaan tanah yang dilaksanakan dengan metode sosialisasi langsung, kemudian dilanjutkan dengan tahap pendataan awal lokasi, konsultasi publik dan penetapan lokasi.

Selanjutnya, tim persiapan melakukan pengumuman penetapan lokasi dengan surat pengumuman nomor: 590/2881 tentang penetapan lokasi rencana pengadaan tanah untuk pembangunan pelabuhan hubungan internasional dan fasilitas penunjang pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten  Batu Bara.

Dimana, Pada tanggal 8 Mei 2020 melalui Website Pemerintah Kabupaten Batu Bara dan menempatkan pengumuman tertulis di Kecamatan maupun di Desa.

Direktur Operasìonal dan Tekhnik PT. Pelindo I Hosadi Afriza Putra mengatakan ucapan terimakasih kepada Bupati  Batu Bara beserta seluruh jajarannya, karena telah bekerja keras sehingga Penlok bisa diserahkan pada PT. Pelindo 1, untuk segera di tindak lanjuti oleh tim, yang merupakan tahap awal dalam pembangunan kawasan industri kuala tanjung.

 Afriza berharap proses selanjutnya dapat berjalan dengan lancar sehingga kendala – kendala yg terjadi di lapangan dapat teratasi.

 “Tentunya semua ini tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Batu Bara khususnya Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP.” Katanya Afriza. (yusuf)