Pedagang Bendera Musiman Marak di Binjai

oleh -

Binjai | Pedagang musiman yang menjual bendera dan atribut menjelang perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia mulai marak di sejumlah ruas jalan utama di Kota Binjai.

Salah seorang pedagang musiman tersebut, Yono (40) yang berdagang bendera dan umbul-umbul di Jalan Jendral Sudirman No 16, Kartini, Kota Binjai, Sumatera Utara, Rabu 05/08/20, mengatakan berjualan umbul-umbul dan bendera merah putih kali ini bukan merupakan jualan pertama kalinya.

“Saya jualan bendera merah putih tiap tahun menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia  di sini, semacam jualan musiman gitu. Saya berprofesi sebagai tukang bangunan tetapi kalau pas menjelang HUT kemerdekaan saya berjualan bendera dan perlengkapan lainnya, saya lihat lebih menguntungkan dari profesi sebagai tukang bangunan,”katanya.

Yono mengaku dari jualan ornamen Agustusan tersebut mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan, untuk tahun ini dari pertama bulan Agustus omsetnya sudah mencapai 1 juta lebih.

“Untuk harga umbul-umbul dan ornamen Agustusan beraneka ragam tergantung ukurannya. Umbul-umbul harganya mulai dari Rp25 ribu – Rp60 ribu per lembar, sedangkan bendera mulai dari harga Rp30 ribu hingga 300 ribu.”ucap Yono seraya menambahkan bahwa barang umbul-umbul dan bendera saya dapat dari tokeh yang berada di daerah Bandung karena harganya disana lebih murah.

Hal senada dikemukakan pedagang musiman lainnya, Nurlela (43) di Jalan Jendral Gatot Subroto, Kota Binjai. Menurut dia, bendera dan umbul-umbul juga diperoleh dari tokeh yang berada di daerah Bandung.

“Saya hanya bantuin suami saya yang ikut berjualan juga didaerah tandam, allhamdulillah penghasilan yang saya peroleh tahun lalu, saya bisa mendapatkan hasil sikitar Rp. 1 juta selama satu bulan berjualan, kalau saat ini pendapatannya masih sekitar ratusan ribu,” terang Nurlela. (Raihan)