Pastikan Penerapan Protokol Kesehatan, Bupati Asahan Tinjau Pelayanan Disdukcapil

oleh -

Asahan | Dalam rangka mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) dan memastikan penerapan protokol kesehatan, Bupati Asahan H. Surya, B. Sc. meninjau pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Rabu (27/5/2020) di Kisaran.

Surya mengatakan, kunjungannya itu juga untuk memastikan OPD tetap berjalan sebagaimana mestinya dalam melayani administrasi masyarakat pasca hari Raya Idul Fitri 1441 H di tengah pandemi Covid-19.

“Kunjungan saya ke disdukcapil, selain untuk memantau proses pelayanan administrasi Kependudukan yang saya harapkan tidak terganggu Pasca lebaran apalagi  di tengah pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Bupati juga menyampaikan sesuai dengan Laporan Kadisdukcapil bahwa untuk stok KTP masih aman, karena baru mendapat kiriman blanko KTP sebanyak 4000 lembar.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Asahan Drs. Supriyanto, M. Pd. mengatakan dalam kondisi sekarang, pihaknya tetap membuka pelayanan sesuai dengan instruksi Kementerian Dalam Negeri khususnya Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan kita juga melakukan Pelayanan secara Online.

“Dalam hal pelayanan administrasi kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri sudah mengeluarkan prosedur, dan itulah yang diterapkan di Kabupaten Asahan ,” kata Supriyanto.

Disebutkannya, ada aturan yang mengatur proses pelayanan, yakni semua pengajuan dilakukan secara online melalui Whatsapp.

“Ini diterapkan selama kondisi wabah Covid-19, kami meniadakan layanan tatap muka dan perekaman KTP-El saya harap masyarakat memakluminya,” lanjut Supriyanto.

Pada kesempatan itu, Bupati memerintahkan  kepada Kadisdukcapil untuk disampaikan kepada  masyarakat agar memahami kondisi Covid-19, di mana diperlukan menjaga jarak atau perlunya menjalankan protokol kesehatan.

“Taati protokol kesehatan, seperti cuci tangan di tempat yang disediakan. Dan tetap memakai masker dalam beraktifitas,” ucapnya.

Turut hadir Asisten Pemerintahan, Asisten Ekonomi Pembangunan, Kadis Kominfo, Kadis Perkim dan Kabag Pemerintahan. (Yanto).