Pasien Covid-19, Warga Desa Ambalutu Asahan Meninggal Dunia

oleh -

Asahan | Pasien Corona Virus Disease (Covid-19) K (L/77) warga Desa Ambalutu Kecamatan Buntu Pane Kabupaten Asahan Sumatera Utara meninggal dunia.

Demikian disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si. dalam konferensi persnya, Senin (6/7/2020) di Kisaran.

Hidayat mengatakan, pasien K sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Putri Hijau Medan pada 3 Juli 2020 dengan riwayat penyakit lemas dan batuk. Selanjut dilakukan uji Swab dengan hasil positif Covid-19 dan meninggal dunia pada 4 Juli 2020.

“Saat ini jenazahnya sudah dimakamkan di tempat pemakaman umum Tuntungan Medan dengan protokol Covid-19,” kata Hidayat.

Hidayat juga mengatakan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, Gugus Tugas Percepatan Penganan Covid-19 melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan melakukan tracking pasien yang sebelumnya ada kontak erat dengan pasien.

“Dinas Kesehatan dengan pihak Puskesmas, sampai saat ini masih melakukan pelacakan pihak keluarga dan masyarakat yang melakukan kontak langsung dengan pasien, ” ujarnya.

Dengan meninggalnya pasien tersebut, menambah daftar panjang data Covid- 19 di Kabupaten Asahan, yaitu PDP 4, positif Covid-19 sebanyak 21 orang dengan rincian, 7 orang sembuh, 5 meninggal dunia dan 9 orang masih dalam perawatan rumah sakit rujukan di Medan.

Hidayat juga menyampaikan imbauan pemerintah, agar masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, PHBS dan sering berolahraga serta istirahat yang cukup. (Yanto).