Menkeu Berikan Penghargaan Kepada Pemkab Aceh Tengah

oleh -
Menkeu Berikan Penghargaan Kepada Pemkab Aceh Tengah
Keterangan Foto : Bupati Aceh Tengah, Shabela AB, didampingi Plt. Sekda , Kepala Bappeda Amir Hamzahno by, Kepala Dinas Keuangan Zulkarnaen pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 melalui Video Conference. (foto:Rahman/Beritanusa).

Aceh Tengah | Pemerintahan Aceh Tengah berhasil memperoleh Penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI) atas entitas pelaporan peraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 10 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2010-2019 dan peraih Opini WTP 5 kali berturut-turut atas pelaporan keuangan tahun 2015-2019.

Penghargaan tersebut diberikan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2020 melalui Video Conference, beberapa hari lalu.

Pertemuan tersebut mengambil tema “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional”, Rakernas dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Untuk tahun ini, Kementerian Keuangan RI memberikan penghargaan kepada 41 entitas yang meraih opini WTP 10 kali berturut-turut yang diterima oleh 25 Kementerian Negara/ Lembaga, 3 Pemerintah Provinsi, 5 Pemerintah Kabupaten dan 8 Pemerintah Kota.

Baca Juga : Setelah Diperiksa BPK RI, Bupati Batu Bara Peroleh Opini WTP

Selain itu, Penghargaan opini WTP 5 kali berturut-turut diterima oleh 286 entitas, yang terdiri dari 26 Kementerian Negara atau Lembaga, 24 Pemerintah Provinsi, 189 Pemerintah Kabupaten dan 47 Pemerintah Kota. Termasuk satu diantaranya adalah Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam arahannya ketika menyerahkan penghargaan kepada entitas penerima Opini WTP 5 dan 10 tahun berturut-turut berpesan, capaian tersebut dapat terus dipertahankan, karena menurutnya opini WTP adalah gambaran indikator meningkatnya tata kelola dan komitmen pimpinan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah.

“Capaian-capaian tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Sehingga tata kelola di semua kementerian dan lembaga maupun di pemerintah daerah dapat terus menunjukan perbaikan dalam menjalankan fungsi dan tanggungjawab pemerintahan,” pesan Sri Mulyani.