Masyarakat Gampong Durian Rampak Susoh Gelar Takbiran Bersama

oleh -
Masyarakat Gampong Durian Rampak Susoh Gelar Takbiran Bersama
Keterangan Foto : Masyarakat Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Abdya menggelar kegiatan takbiran bersama di parkiran halaman Masjid Baitul Qahhar Gampong setempat, Senin (19/7/2021) malam. (Salman/Beritanusa.com)

Aceh Barat Daya | Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1442 H yang jatuh pada Selasa (20/7/2021) besok, masyarakat Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh,

Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar takbiran bersama di parkiran halaman Masjid Baitul Qahhar gampong setempat, Senin (19/7/2021) malam.

Pj Keuchik Gampong Durian Rampak, Suhaimi mengatakan kegiatan takbiran menyambut hari raya qurban ini dilakukan untuk memperkokoh ukhuwah Islamiyah khususnya antar sesama masyarakat gampong Durian Rampak.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi agenda rutin setiap menjelang hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha,” ujarnya.

Dikatakannya, pada hari raya Idul Fitri 1442 H lalu masyarakat gampong Durian Rampak juga menggelar kegiatan takbiran bersama yang dipusatkan pada satu lokasi yakni di halaman masjid Baitul Qahhar.

“Kegiatan takbiran ini sengaja kita adakan karena pemuda dan masyarakat sangat antusias dalam mengumandangkan takbiran,” katanya.

Suhaimi menambahkan, pemerintah juga telah melarang melakukan takbiran dengan pawai keliling mengingat karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Disamping itu, kata dia berdasarkan arahan dan imbauan dari Muspika Kecamatan Susoh bahwa kegiatan takbiran Idul Adha harus dipusatkan di satu lokasi dalam desa, baik di dalam Masjid maupun Mushalla dengan tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka lonjakan penyebaran virus Covid-19. Selain itu akan lebih efektif jika dibandingkan melakukan dengan cara pawai keliling di jalan raya.

“Yang kita khawatir kan jika anak-anak kita takbiran di jalan raya tingkat resiko kecelakaan lalulintas tinggi, jadi tidak bisa dijamin apalagi naik sepeda motor,” katanya.

Mantan anggota tuha peut gampong Durian Rampak ini berharap dengan kegiatan takbiran bersama yang diadakan di dalam desa dapat merajut semangat kebersamaan antar sesama masyarakat.

“Saya berharap ini menjadi momentum masyarakat di gampong kita bisa kembali bersatu dan kompak untuk selamanya dalam berbagai hal yang positif demi membangun gampong ke arah yang lebih baik,” demikian tuturnya.

Dalam kesempatan takbiran bersama Idul Adha 1442 H tersebut turut hadir Imam Chik Masjid Baitul Qahhar Tgk Syamsuar S, Ketua Pemuda Muzardi Munir, anggota Tuha Peut, sejumlah pemuda dan perangkat gampong, serta masyarakat setempat. (Salman)