Mahasiswa UNIMAL Ikut Serta Peresmian Desa Tangguh

oleh -
oleh
Mahasiswa UNIMAL Ikut Serta Peresmian Desa Tangguh
Keterangan Foto : Mahasiswa UNIMAL ikut serta peresmian Desa Tangguh ketahanan pangan

Batu Bara | Mahasiswa Universitas Malikussaleh(UNIMAL) Kuliah Kerja Nyata Balik Kekampung (KKN BK) Kelompok 054 ikut serta dalam kegiatan Peresmian Desa Tangguh Ketahanan Pangan dan sedekah kepada 100 orang anak yatim piatu serta fakir miskin yang di prakarsai oleh Komunitas Sedekah Jumat(KSJ), Jum’at (30/10/2020) di Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatera Utara.

Terlihat hadir, Camat Sei Suka Listen Samosir S.E, ketua KSJ Cecep’s KCB, Kepala Desa Pematang Kuing Chairil Anwar serta para Perangkat Desa.

Selain Desa Tangguh, Kapolres Batu Bara juga meresmikan Kebun Bibit Desa(KBD) untuk ketahanan pangan di Desa Pematang Kuing.

Dalam kegiatan tersebut Kelompok 054 KKN – BK UNIMAL turut didampingi dosen pembimbing lapangan Cut Ita Erliana S.T., M.T beranggotakan Vikra Aditya sebagai ketua kelompok beserta Abiyuda Firzatullah, Andika Rahman Priadi, Sri Rezky Wahyuni Nazla.

ketua kelompok 054 KKN – BK UNIMAL Vikra Aditya mengatakan Kegiatan ini merupakan sebuah bentuk upaya desa dalam memajukan ketersediaan serta ketahanan pangan untuk memajukan prekonomian dalam sektor pertanian.

Dikatakan Vikra, bahwasannya peran serta mahasiswa sangat diperlukan termasuk di sektor pertanian dan ketahanan pangan.

“Mendukung upaya program pemerintah memajukan sektor pertanian di Indonesia dalam ruang lingkup desa, sehingga tetap kaya dan agar tetap terjaga ketersedian pangan”,kata Vikra.

 Vikra Aditya berharap sebagai mahasiswa dengan adanya kegiatan seperti ini adalah penyelamatan ketahanan pangan serta jaminan keberlanjutan lingkungan terutama di tengah – tengah pandemi Covid – 19.

Kapolres Batu Bara AKBP H Ikhwan Lubis SH MH mengapresiasi kedua desa yang telah menjadi Desa Tangguh ketahanan pangan.

“Jujur, merasa bangga atas Desa Tangguh Ketahanan Pangan, semakin banyak desa tangguh yang terbentuk maka swasembada pangan semakin terjamin”,ujar Kapolres.

Menurut Kapolres, hingga sekarang ini sudah sekitar 11 desa yang telah di resmikan sebagai Desa Tangguh Ketahanan Pangan di Kabupaten Batu Bara. (Yusuf)