Kunjungi Lokasi Banjir, Kapolres Batu Bara Bantu Warga Sembako

oleh -

Batu Bara | Derasnya curahan hujan disertai pasang air laut yang begitu besar membuat debit air menjadi tinggi dan luapan terjadi diakibatkan dangkalnya alur sungai maka banjir pun melada Desa Nanasiam Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara.

Banjir melada Desa Nanasiam, Kapolres Batu Bara pun kunjungi lokasi sembari memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir, Kamis(18/06/2020).

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengatakan jajaran Polres Batu Bara bersama TNI Polri, Dan Ramil serta Camat Medang Deras dan Kepala Desa Nanasiam mengadakan bakti Sosial sekaligus mengunjungi warga yang terdampak banjir,

“Semoga Cepat surut banjirnya, dan akan dikoordinasikan sama Forkopinda agar kiranya alur sungai dapat di dalam kan” Kata Kapolres.

Menurut Kapolres, dengan kunjungan dari pihak polres Batu Bara bersama TNI Polri, Dan ramil, Kecamatan, Desa sedikit dapat meringankan beban warga atas bantuan yang diberikan akibat terdampak banjir.

Camat Medang Deras Syahrizal SH menyampaikan terjadinya banjir akibat luapan air dari hulu yang membuat daya tampung antara sungai Pagurawan dan Magung tidak mampu sehingga membuat banjir.

“Ucapkan terima kasih pada AKBP Ikhwan Lubis SH MH yang telah mengunjungi serta memberi bantuan kepada warga” Ucap Camat.

Semenjak terjadinya banjir yang melanda Desa Nanasiam sekitar 3 hari, dari Pemerintahan sekedar melakukan peninjauan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batu Bara dan sebagai langkah awal dalam menanggani banjir terdahulu melakukan koordinasi dengan Dinas instansi terkait.

“Telah mengusulkan kepada ke Kabupaten agar  alur sungai dapat didalami serta membuat leaning sekitar 1 Km” jelas Camat.

Kepala Desa Nanasiam Kahirul menuturkan banjir yang terjadi bukan kali ini tapi tiap tahunnya di musim penghujan kemungkinan akibat dangkalnya alur sungai membuat luapan air sangat tinggi sehingga terjadi banjir.

“Sekitar 30 rumah terdampak banjir, 8 atau 10  diantaranya digenangi air sampai kedalam rumah” jelas Kades.

Sementara itu, Asiah(40) warga Nanasiam yang terdampak banjir mengucapkan terima pada Kapolres Batu Bara yang telah mau mengunjungi serta memberikan sembako kepada warga dab diharapkan adanya uluran tangan pada dermawan atas bencana yang dialami.

” Banjir yang tiap tahunnya terjadi, baru kali ini mendapat bantuan, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan memang peduli sesama umat, Semoga sukses selalu dan dimurahkan rezekinya serta dipanjangkan umurnya” Ungkapnya Asiah. (Yusuf)