KPOTI Medan Siap Wakili Sumut Di Pekan Kebudayaan Nasional

oleh -
KPOTI Medan Siap Wakili Sumut Di Pekan Kebudayaan Nasional
Keterangan Foto : Salah seorang peserta pemain enggrang sedang menunjukan kebolehannya pada Pekan Kebudayaan Daerah yg diadakan oleh KPOTI Sumut.

Medan | KPOTI Medan siap wakili Sumut di Pekan Kebudayaan Nasional, hal itu dikatakan Kabid Olahraga Tradisional Luhono Sabar Raharjo,S.Pd

Sekertaris KPOTI Kota Medan bersama Kabid Olahraga Tradisional yang menanggungjawapi kegitan ini serta pengurus lainnya melaksanakan pembuatan video yang nanti nya akan dikirimkan kepada Panitia Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Utara.

Kabid Olahraga Tradisional Luhono Sabar Raharjo,S.Pd mengatakan KPOTI Kota Medan melaksanakan pengambiilan video di Lapangan Istana Maimun Kota Medan karena merupakan salah satu icon Kota Medan.

Dan nantinya video yang kami buat ini akan dikirim dan diseleksi menuju ke Pekan Kebudayaan Nasional (PKN). Harapan kami semoga KPOTI Kota Medan menjadi juara umum di Pekan Kebudayaan Daerah (PKD)

KPOTI Medan siap wakili Sumut di Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) nantinya karena kami semua tetap optimis bisa meraihnya, Pungkas Kabid Olahraga Tradisional yang sering disapa Bang Ono ini.

Gelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Utara resmi dibuka, KPOTI Kota medan yang diketuai Masnur Lukito,S.Pd hadir dalam pembukaan PKD Sumatera Utara. Pembukaan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Utara dilaksanakan di Sekeretariatan KPOTI Sumatera Utara Jln.Sering Kota Medan langsung dibuka oleh ketua umum KPOTI Sumatra Utara Agustin Sastrawan, M.Pd.

KPOTI Kota Medan dalam Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) ini mengirimkan 20 Atlit Olahraga Tradisional terdiri dari 18 atlit SMP dan 2 Orang atlit Umum. Kepada Kami Ketua KPOTI Kota Medan menyampaikan rasa gembiranya “Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Utara telah dibuka dengan resmi, perlombaan yang diselenggarakan dalam PKD ini melalui virtual namun ada satu Olahraga Tradisional yaitu congklak yang dilaksanakan secara langsung setelah acara pembukaan digelar.

Dan Alhamdulillah Atlit dari KPOTI Kota Medan berhasil keluar sebagai Juara 1 sambil tersenyum Ketua KPOTI Kota Medan itu berbincang kepada Kami.

Atlit olahraga tradisional congklak binaan KPOTI Kota Medan di wakili Siswi SMP AN-NAJWA Kec.Medan Marelan Kota Medan, menjadi juara pertama setelah menumbangkan lawannya dipartai final perwakilan KPOTI Kabupaten Labura, dalam pertandingan congklak tersebut KPOTI Kota Medan menang dengan skor 2-1.

Dengan demikian perwakilan KPOTI Kota Medan dari nomor congklak berhak mewakili Sumatera Utara ke Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) mendatang.

Perlombaan Olahraga Tradisional dengan tajuk Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Utara ini meliputi Lama-run egrang, Egrang kreasi, Satu menit permainan tradisional, Bolak-balik balok, dan Lomba bakiak kreasi kesemuanya ini dilaksanakan  secara virtual dan cuma congklak dilaksanakan dengan berhadapan tidak virtual. Sedangkan pesertanya berasal dari utusan KPOTI Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Utara ini. (Iswanto)