Korban Gantung Diri di Abdya diduga Alami Depresi

oleh -
Korban Gantung Diri di Abdya diduga Alami Depresi
Keterangan Foto : Sejumlah aparat kepolisian dari Polres Abdya memasang police line di lokasi rumah korban, di Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Abdya. (Salman/Beritanusa.com)

Aceh Barat Daya | Seorang perempuan berinisial S (36) korban yang meninggal dunia akibat gantung diri di dalam rumahnya yang terletak di Gampong Geulumpang Payong, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Minggu (3/1/2021), diduga sering mengalami depresi atau semacam gangguan pikiran kosong.

Hal tersebut dikatakan Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Erjan Dasmi saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (3/1/2021).

Erjan mengatakan, diperkirakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 Wib. Saat kejadian kondisi rumah hanya tinggal korban dengan anaknya yang baru lahir sekitar tiga bulan.

Sedangkan suaminya dan empat orang anaknya lagi sudah keluar untuk mengantar gas.

“Kalau masalah keluarga tidak ada, hanya saja menurut keterangan kita dapatkan dari suaminya, kalau korban ini usai melahirkan sering depresi atau mengalami gangguan pikiran kosong,” tuturnya.

Bahkan, kata Erjan, sebelum mengantar gas, suaminya sempat berkomunikasi baik dengan istrinya untuk memasak jagung rebus.

“Jadi kalau untuk sementara ini, penyebab korban meninggal dunia karena gantung diri,” imbuhnya.

Erjan juga menerangkan, kalau korban pasca melahirkan juga sedang menjalani perawatan baik berobat di rumah sakit maupun berobat di gampong.

“Korban menghabisi nyawa dengan menggunakan seutas tali nilon gantungan ayunan bayi,” ujarnya.

Saat ini korban sudah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Teungku Peukan (RSUTP) Abdya guna dilakukan visum. 

“Kita juga akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui apa sebenarnya penyebab motif korban meninggal dunia,” kata Erjan.

Menurut informasi yang diperoleh Beritanusa.com, peristiwa itu pada awalnya diketahui oleh ibu mertuanya Sukmiati (62) saat mendatangi rumah korban. Setelah sampai didepan rumah korban, mertuanya memanggil korban.

Namun, korban tidak menyahuti, sehingga akhirnya ibu mertuanya masuk lewat belakang rumah dan melihat korban dalam posisi tergantung diri.

Melihat kejadian itu, mertua korban langsung memanggil tetangganya sehingga langsung menurunkan korban dari jeratan tali yang mengikat dilehernya. (Salman)