Kesal Akibat Dilalui Truk Besar, Warga Lhung Asan Abdya Blokir Jalan Desa

oleh -
Kesal Akibat Dilalui Truk
Keterangan Foto : Warga Desa Lhung Asan, Kab. Abdya memblokir jalan desa, pada Jum'at (27/11/2020) malam.

Aceh Barat Daya | Warga Desa Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memblokir jalan yang berada di desa setempat.

Aksi pemblokiran jalan desa tersebut dilakukan lantaran warga kesal akibat truk-truk besar yang melintas, sehingga membuat jalan di wilayah mereka terancam rusak.

Pemblokiran jalan desa yang dilakukan masyarakat itu ternyata dipicu oleh adanya pengalihan arus lalu lintas jalan rute Guhang- Cot Mane, karena ada pembangunan jembatan di daerah itu.

“Mobil seperti truk-truk besar mulai pada masuk ke jalan desa, bukan hanya merusak jalan saja, akan tetapi juga membuat jalan ikut berlumpur. Padahal, jalan desa ini bukanlah kapasitas mobil sebesar itu,” ungkap Maidi, Sekretaris Desa Lhung Asan kepada Beritanusa.com, Sabtu (28/11/2020).

Tutur Maidi, seharusnya pihak rekanan pembangunan jembatan tersebut sebelumnya berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa karena ada pengalihan lalulintas.

“Ini jalan desa, kapasitasnya tidak sekuat jalan Nasional sehingga terancam mengalami kerusakan,” imbuhnya.

Dirinya meminta kepada para pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat yang berpergian dari arah Meulaboh atau Aceh Selatan agar tidak melintasi jalan di desa dan bisa memutar jalan melewati Nasional kawasan Kecamatan Susoh.

“Jalan desa ini hanya bisa dilalui oleh roda dua saja, sedangkan untuk roda empat harus memutar ke jalan Nasional Susoh lalu ke Cot Mane Kecamatan Jeumpa,” demikian pungkas Maidi. (Salman)