Kasat Binmas Polres Asahan Pimpin FGD di Desa Sei Serindan

oleh -
Kasat Binmas Polres Asahan Pimpin FGD di Desa Sei Serindan
Keterangan Foto : Kasat Binmas Polres Asahan AKP Gunung Silaban Memberi Paparan dalam FGD di Balai Desa Sei Serindan Sei Kepayang, Kamis (16/9/2021). Foto : Yanto/beritanusa.

Asahan | Dalam upaya menangkal paham radikalisme, Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira, S. I. K. melalui Kasat Binmas AKP Gunung Silaban menggelar Fokus Group Discussion (FGD), Kamis (16/9/2021) di Balai Desa Sei Serindan Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan.

Forum diskusi itu dimaksudkan memberi pengetahuan kepada masyarakat untuk menolak paham radikalisme dan intoleran di antara umat beragama khususnya di Kecamatan Sei Kepayang Barat.

Selain itu, menghindari pemahaman radikalisme masyarakat diharapkan agar saling menghormati sesama agama, bijak bermedsos, jauhi Narkoba, tertib berlalu lintas, bekerja dengan standar prokes dan anjuran Vaksinasi.

Dalam sambutannya Kasat Binmas Polres Asahan berharap melalui kegiatan Focus Group Discussion ini dapat menghasilkan sesuatu yang dapat diterapkan dalam pengelolaan suasana dan kondisi yang bagus dan kondusif, sekaligus penyadaran kepada kita semua bahwa upaya mempertahankan NKRI dilakukan secara terus menerus.

Kegiatan FGD ini juga dijadikan sebagai momentum upaya mewariskan nilai patriotisme dan nasionalisme dalam menjaga keutuhan NKRI, serta dapat menggugah kita semua untuk mencegah radikalisme.

“Ancaman terhadap NKRI sesungguhnya bukan saja dalam aspek serangan fisik, melainkan propaganda secara masif yang dilakukan oleh kelompok-kelompok radikalisme dan terorisme, seperti ISIS, dan lainnya. Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kewaspadaan,” ajak Kasat sembari mengingatkan.

Menurut Silaban, bahwa masyarakat merupakan tulang punggung deteksi dini dalam mencegah radikalisme dan terorisme.

“Semoga kegiatan FGD ini dapat berjalan sukses secara substansial dan bukan secara formal saja,” harapnya.

Kegiatan FGD tersebut dihadiri Kapolsek Sei Kepayang AKP Sabran, M. P., S. H., Kanit Polmas Ipda Enda, Kanit Binluh Aiptu Ono Taryono, anggota Binluh Aiptu Robin Purba dan Bripka M Rajali Pegda TKT II Lamria Tumanggor dan Pegda TKT II Rumiris Simanjuntak, Kanit Provost Polsek Sei Kepayang Ipda MJ. Doloksaribu, Kepala Desa Sei Serindan Agus Salim, Kepala dusun 5 orang, Tomas, Toda, Today dan perangkat desa serta masyarakat desa Sei Serindan Kecamatan Sei Kepayang Barat  Kabupaten Asahan. (Yanto).