Kapolres Asahan Tegaskan Panwaslu Harus Netral

oleh -

Asahan | Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S. I. K. menegaskan, Panwaslu Kecamatan sebagai perpanjangan Bawaslu harus bersifat netral dan berlaku adil dalam menjalankan tugas dan kewenangannya sebagai pengawas Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan Tahun 2020.

Penegasan itu disampaikan Kapolres saat menghadiri dan memberi bimbingan serta arahan kepada Panwaslu Kecamatan dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Selasa (11/8/2020) di Aula Hotel Singapure Line Jalan Lintas Sumatera Kabupaten Batu Bara.

Selain itu, Panwaslu harus turut serta menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah masing-masing, agar pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Asahan berjalan aman.

“Panwaslu harus bersikap netral tidak memihak salah satu pasangan calon. Mengajak semua pihak untuk secara bersama menciptakan keamanan dan ketertiban,” tegas Nugroho.

Pada masa Adapatasi Kebiasaan Baru (AKB) pandemi Covid-19, Kapolres menyampaikan imbauan, agar Bawaslu dan Panwaslu serta jajarannya tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker selama bertugas di lapangan, sering mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, menjaga jarak (physical distancing) dan menerapkan pola hidup sehat.

Menurut Kapolres, hal itu dimaksudkan untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan Covid-19 pada wilayah masing-masing khususnya di Kabupaten Asahan.

Kapolres juga menyampaikan, bahwa pihaknya (Polres Asahan) siap berkoordinasi dengan Bawaslu dan jajarannya untuk menciptakan sinergitas dan keamanan sepanjang pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Asahan.

“Silahkan berkoordinasi dan silaturahmi dengan kami (Polri) dalam menjalankan pengawasan di lapangan untuk menciptakan sinergitas dan keamanan pelaksanaan pemilu,” ajak Kapolres seraya membagikan kontak pribadinya dan nomor telepon lain milik anggotanya.

Pantauan beritanusa.com, acara Rakernis tersebut, diikuti 100 peserta terdiri dari 75 komisioner dan 25 staf Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Asahan.

Turut mendampingi Kapolres Asahan Kasat Intel AKP Sunaryo, Kanit Intel Ipda Marzuki, Ketua Bawaslu Asahan Komedi Hambali Siambaton, S. H., M. H., Kordiv SDM Dr. Irfan Islami Rambe, S. H., M. Kn dan Kordiv Pengawasan Halimatusakdiyah, S. H. (Yanto).