Kapolres Asahan Pimpin Apel Patuh Toba 2020

oleh -

Asahan | Dalam rangka melaksanakan Operasi Patuh Toba 2020, Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S. I. K. memimpin Apel Pasukan Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Toba 2020, Kamis (23/7/2020) di Halaman Mapolres Asahan Jalan A. Yani Kisaran.

Berlaku sebagai Perwira Apel Kasat Lantas AKP Budiono Saputro, S. H. dan Komandan Apel Iptu F. Saragih dengan melibatkan Satuan Sabhara Polres Asahan, PM/Provos, Kodim 0208/AS, Satuan Lantas Polres Asahan, Satuan Reskrim Polres Asahan, Sattuan Pol PP Kabupaten Asahan, Dishub Kabupaten Asahan.

Kapolres Asahan dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan, dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang- undangan berlalu lintas, Polda Sumut beserta jajaran menggelar operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Toba 2020 selama 14 hari terhitung mulai tanggal 23 Juli s/d 05 Agustus 2020.

Nugroho mengatakakan, pelaksanaan operasi Patuh Toba ini menekankan 3 prioritas, yaitu melawan arus saat mengemudi, tidak memakai helm, over dimensi dan mengingatkan pengendara tidak memakai masker.

Nugroho mengingatkan, dalam operasi tersebut, harus bertindak lebih bijak dengan melaksanakan deteksi dini, lidik dan pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran dan laka lantas serta lokasi penyebaran Covid-19.

Selain itu, maksanakan pembinaan dan penyuluhan kepada seluruh masyarakat tentang Kamseltibcarlantas dan bahaya covid-19 dan tidak dibenarkan adanya target tilang.

Menurut Kapolres, tujuan operasi Patuh Toba 2020 menciptakan situasi lalulintas yang aman tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan pelanggaran dan macet, meningkatnya ketertiban dan kepatuhan hukum serta disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan mengurangi serta mencegah penyebaran Covid-19.

Kapolres mengimbau, kepada seluruh personel, agar mengutamakan faktor keselamatan dan keamanan dengan mempedomani standar operasional prosedur protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah, tidak arogan berlaku sabar, sopan dan senyum.

Kepada para perwira selaku pengendali dan Bidpropam dan Itwasda selaku pengemban fungsi pengawasan agar mampu melakukan pendisiplinan terhadap personil dalam pelaksanaan operasi patuh Toba 2020.

“Tingkatkan fungsi manejemen media untuk menciptakan opini publik yang positif. Sehingga ketika masyarakat yang dilakukan penindakan dalam berlalulintas bisa mengerti dan memahami pelaksanaan kegiatan ini,” imbaunya.

Kapolres juga meminta, agar para personel menjadi teladan berlalulintas untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat dengan menit ngkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Antisipasi setiap kejahatan jalanan seperti begal, balapan liar,dan becak hantu (curanmor ), bila sudah membahayakan situasi maka perlu diberikan tindakan tegas dan terukur,” tutupnya.

Pantauan beritanusa.com, apel diawali dengan persiapan peserta apel, pemeriksaan dan penyematan tanda operasional kepada para petugas.

Turut hadir mewakili Bupati Asahan Kasatpol PP Sofyan Manullang, mewakili Dandim 0208/AS : Kapten Jamil, mewakili Danlanal TBA : Kapten M. Damanik, mewakili Kajari M. Syahrizal, mewakili Kepala Pengadilan Negeri Miduk Sinaga SH, Waka Polres Asahan : Kompol MHD. Ikhwan, S.H., M. H.. (Yanto).