Kantor Stasiun KIPM Tanjung Balai – Asahan Menuju WBK dan WBBM

oleh -
Kantor Stasiun KIPM Tanjung Balai - Asahan Menuju WBK dan WBBM

Tanjung Balai | Pemerintah Kota Tanjung Balai mendukung terlaksananya Pencanangan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM di Kantor Stasiun KIPM Tanjung Balai – Asahan, ditandai dengan penandatanganan fakta integritas oleh Plt Wali Kota Tanjung Balai H Waris Tholib diruang kerjanya, Senin (7/6/2021).

Sebelumnya, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Tanjung Balai Asahan telah mengadakan acara Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), pada Jumat (28/5/2021).

Plt Walikota Tanjung Balai H Waris Tholib menyampaikan apresiasi kepada Stasiun KIPM Tanjung Balai Asahan atas pencanangan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani dan merupakan satu hal yang dicita – citakan oleh seluruh bangsa dan masyarakat Indonesia.

Dilanjutkan Waris, Prinsip Good Goverment dan Clean Goverment adalah merupakan prinsip yang tidak bisa dielakkan atau diabaikan, tuntunan itu telah menjadi tuntunan dunia dan merupakan suatu kewajiban bagi instansi pemerintah yang ada, termasuk KIPM, mendukung ini dengan menciptakan zona integritas wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani, “Semoga BKIPM Tanjung Balai Asahan bisa memperoleh predikat WBK dan WBBM nantinya,” Tutup Waris.

Sementara Kepala Stasiun KIPM, Sondang Sitorus mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemko Tanjung Balai dalam mewujudkan pencanangan zona WBK dan WBBM diwilayah kerjanya. Ia mengatakan, Keberhasilan Pembangunan Zona Integritas sangat ditentukan oleh kapasitas dan kualitas integritas masing-masing individu, yang mempunyai relevansi dalam peningkatan kapasitas dan kualitas integritas dari organisasi, dimana individu tersebut berada dan melakukan kegiatannya.

“Untuk kita ketahui bersama, Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” Katanya

Selain itu, Akselerasi pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM memerlukan langkah-langkah strategis untuk menjamin keberhasilan implementasi setiap tahapan antara lain komitmen pimpinan dan seluruh pegawai, kemudahan pelayanan, program yang menyentuh masyarakat, monitoring dan evaluasi berkelanjutan, serta strategi komunikasi untuk memastikan aktivitas dan inovasi yang dilakukan diketahui oleh masyarakat.

Ia menyebutkan,  Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan instansi pemerintah yang berkomitmen mewujudkan WBK dan WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Terdapat beberapa tahapan pembangunan Zona Integritas, dimulai dari pencanangan, pembangunan, pengusulan, penilaian, dan penetapan menjadi WBK dan WBBM,” Sebutnya.

“Diharapkan nantinya KIPM Tanjung Balai Asahan  menjadi instansi yang bersih dan terbebas dari tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme,” Pungkas Sondang Sitorus. (Rivaldo).