Kajari Berikan Pemahaman Penegakan Hukum Melalui Pendekatan Diversi

oleh -

Pelalawan | Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pelalawan Nophy T Suoth SH. MH dan Ketua PN Pelalawan Bambang Setyawan SH. MH hadir sebagai narasumber dalam acara “Jaksa Menyapa” yang disiarkan langsung dari Radio Republik  Indonesia (RRI) Pro 1, FM 99,1 MHz, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Riau, Kamis (16/7). Acara ini langsung dipandu oleh salah seorang penyiar handal RRI Pro 1, Tuti Fitri, SH.

Kegiatan Jaksa Menyapa yang disiarkan kali ini mengambil tema yakni Penegakan Hukum melalui Pendekatan Diversi. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pengertian diversi, penerapan diversi serta apa yang dihasilkan dari proses diversi.

Dengan dipandu penyiar, baik Kajari maupun Ketua PN Pelalawan sepakat penegakan hukum bagi anak dibawah umur yang bermasalah lebih mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak.

“Maka dari itu dilakukanlah proses penyelesaian perkara anak di luar mekanisme pidana,” ujar Kajari Pelalawan Nophy T Suoth.

Masih kata mereka dengan diversi, penyelesaian peradilan anak dilakukan melalui jalur non-penal yang menitikberatkan pada preventif (pencegahan).

Dalam kesempatan itu juga, Ketua PN Pelalawan Bambang Setyawan menjelaskan bahwa Diversi dilaksanakan dalam hal tindak pidana dengan syarat, ancaman pidana penjara harus di bawah 7 tahun dan bukan merupakan pengulangan tindak pidana.

“Proses Diversi ini melalui musyawarah yang melibatkan anak beserta orangtua atau walinya. Kemudian harus ada korban dan orangtua atau walinya, pembimbing kemasyarakatan, pekerja sosial yang profesional,” jelasnya.

Dari Hasil kesepakatan diversi tersebut jelasnya lagi, terbentuk sebuah perdamaian dengan atau tanpa kerugian.

“Bila itu selesai akan dilakukanlah penyerahan kembali anak yang bermasalah kepada orangtua atau wali dengan pengawasan LPKS selama 3 bulan,” katanya lagi.

Dalam kegiatan Jaksa Menyapa yang disiarkan langsung oleh RRI Pro 1 ini, mendapat respon sangat baik dari masyarakat pendengar. Hal ini diketahui dari cukup banyaknya penelfon yang bertanya terkait dengan tema tersebut. (Anton)