Kadis Pendidikan Kota Binjai Dukung Program Pembatik dan Sosialisasi Portal Rumah Belaja

oleh -
oleh
Kota Binjai

Binjai | Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai Ibu Sri Ulina Ginting, S.Pd melakukan pertemuan dengan Sahabat Rumah Belajar Tahun 2020 yang diikuti oleh Bapak Andrianto Benny Pasaribu dan bapak Dedi Surbakti yang melaporkan kegiatan program pembaTIK sekaligus sosialisasi tentang Portal Rumah Belajar Adapun dalam kegiatan pertemuan ini juga turut hadir bapak Kadis Kominfo H. Ahmad Ilham, SH.,MAP, Kepala Sekolah SMPN 4 Binjai Bapak Yudhi Ariestiawan S, S.Pd.,MM, ibu Kabid GTK Ollyvia A. Sembiring, kasi GTK Ibu Sri Eka Sembiring, SE dan tim di ruang Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai, Kamis (08 Oktober 2020).

Pada kesempatan ini Benny Pasaribu  menyampakan terima kasih atas sambutan luar biasa yang dirasakan serta dukungan yang diberikan untuk melakukan sosialisai portal rumah belajar di Kota Binjai dari ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai.

Di kota  Binjai sendiri sudah memiliki Learning Management System (LMS) yang telah dikembangkan oleh pemerintah kota Binjai yakni SIGUM (sistem informasi guru mengajar). Aplikasi ini sama halnya seperti penggunaan kelas maya dalam Portal Rumah Belajar. Namun SIGUM tentunya memiliki keunggulan tersendiri selain dikembangkan di kota Binjai yang lebih mudah menerima masukan perbaikan,  semua siswa dan guru yang ada dikota Binjai sudah masuk dalam aplikasi ini. sehingga memudahkan bagi siswa dan guru untuk langsung melakukan kegiatan pembelajaran dan bisa diawasi oleh kepala sekolah melalui operator SIGUM sekolah.

Dalam sosialisasi yang di tampilkan tentang Portal Rumah Belajar, Benny lebih menekankan untuk melakukan kolaborasi antara SIGUM dan Portal Rumah Belajar. Yaitu dengan memanfaatkan fitur-fitur lain selain kelas maya. Misalnya fitur Sumber Belajar, Lab Maya, TV-Edukasi, Bank Soal dan Edugame.

Kami menampilkan praktik baik kolaborasi antar portal Rumah Belajar dengan SIGUM. Selain itu kami juga mengharapkan guru-guru di Kota Binjai aktif dalam menambah konten-konten pembelajaran yang ada di Portal Rumah Belajar dan aktif mengikuti perkembangan teknologi di era industri 4.0 ini. Ucap Benny

Pada Kesempatan ini ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Binjai sangat antusias dan  memberi kesempatan untuk melakukan sosialisasi tentang portal rumah belajar. Beliau bersedia memberikan waktu dan tempat  bagi untuk hadir dalam kegiatan yang saat ini sedang berlangsung di kota Binjai yakni kegiatan pelatihan SIGUM untuk guru-guru di kota Binjai. (Raihan/Rel)