Jumadi Sampaikan Strategi Penanganan Covid-19 Kepada UCLG ASPAC

oleh -

Kota Tegal | Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi ST,.M.M menyampaikan Strategi Kota Tegal dalam menghadapi Pandemi Covid-19 pada diskusi melalui video konferensi bersama United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific (Aspac) di Dinas Kominfo, Rabu (19/8/2020) sore tadi.

Kegiatan yang dipimpin langsung Sekretaris Jendera UCLG ASPAC Bernardia Irawati tersebut membahas Strategi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan oleh Pemerintah Daerah Dalam Menghadapi Covid-19.

Disampaikan Jumadi, bahwa sesaat setelah Kota Tegal menerima informasi terkait penyebaran  Covid-19, Pemkot Tegal langsung mengambil langkah pencegahan. Berbagai upaya dimaksimalkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Mulai dari lokal lockdown menutup akses jalan menggunakan beton MCB (Moveable Concrete Barier) untuk membatasi kegiatan manusia, mematikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) dimalam hari untuk mencegah kerumunan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai masa penerapan era new normal dengan protokol kesehatan yang ketat hingga mengeluarkan Perwal No.13 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Penularan Covid-19.

Upaya lainnya dengan menggandeng masyarakat melalui pembentukan Relawan Mandiri Covid-19 yang di ketuai langsung Wakil Wali Kota Tegal serta beranggotakan berbagai komunitas di masyarakat dan intitusi perusahaan.

Relawan ini di jelaskan Jumadi bertugas untuk mendisiplinkan, mengingatkan, hingga menegur masyarakat maupun sesama rekan kerja yang tidak taat protokol kesehatan.

Jumadi dalam kesempatan tersebut juga menceritakan bagaimana masyarakat di Kota Tegal saat ini juga sudah lebih paham bagaimana membantu orang yang sakit Covid-19. “Bukan menjauhi, orang di Kota Tegal saat justru saling bantu jika di lingkungannya ada orang Positif Covid-19,” ucapnya.

Masyarakat kata Jumadi, membantu menjamin ketersediaan kebutuhan pangan bagi penderita Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Hal – hal seperti itu lah yang dikatakanya menjadi kunci keberhasilan penanganan Covid-19 di Kota Tegal.

Adapun Sekretaris Jenderal (Sekjen) United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific (Aspac) Bernardia Irawati, kemudian memuji langkah Pemkot Pemkot Tegal dalam menangani Pandemi Covid-19. Bernardia bahkan berharap ada langkah-langkah inovatif lainnya dari Pemerintah Kota Tegal yang dapat di tiru ataupun menjadi acuan bagi pemerintah daerah lainnya dalam menghadapi covid-19.

Selain Wakil Wali Kota Tegal, hadir dalam rapat melalui konferensi videonya, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Ede Surya Darwawan, dan anggota tim Gugus Tugas Covid-19 Pemerintah Provinsi Jawa Timur dr.  Makhyan Jibril Al Farabi. (Dasuki Raswadi)