Jumadi Apresiasi Inisiatif Pemuda RW. 08 Kel. Mintaragen

oleh -
oleh

Tegal | Pemerintah Kota Tegal mengapresiasi, inisiatif pemuda RW. 08, kelurahan Mintaragen yang secara mandiri membentuk gugus tugas pemuda RW.08, dalam kewaspadaan dan pencegahan corona virus disease 19 (Covid-19). Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari meninjau langsung Posko Gugus Covid Tugas Pemuda RW. 08 di Jalan Cimanuk, Sabtu (9/5) tadi siang.

“Pemkot Tegal mengapresiasi Pemuda RW. 08, seandainya semua RW melakukan seperti di RW 08, tugas berat pemerintah dalam menangani wabah covid 19 akan semakin ringan” tutur Jumadi di depan gugus tugas penanganan covid-19 RW.08.

Jumadi menyampaikan bahwa, zona hijau dalam wabah covid-19 yang saat ini menjadi status Kota Tegal, selain rahmat dari Tuhan ini merupakan hasil usaha dan kerja keras semua elemen masyarakat. Apalagi jika didukung dengan partisipasi masyarakat seperti yang sudah dilakukan pemuda RW.08 kelurahan Mintaragen, tentunya akan sangat membantu dalam mempertahankan status kota Tegal tetap di zona hijau.

Jumadi berharap, apa yang sudah dilakukan oleh Pemuda RW.08, bisa ditiru oleh RW-RW lain di Kota Tegal.

Sekarang menurut Jumadi, saatnya bersinergi dengan pemerintah. Sebab pemerintah sendiri tanpa partisipasi masyarakat tidak akan mampu menangani wabah covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari, menyampaikan bahwa apa yang sudah dilakukan pemuda RW. 08 kelurahan Mintaragen ini, sudah sesuai dengan program pemerintah.

Menurutnya yang membanggakan adalah, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 warga RW.08 ini merupakan inisiatif sendiri, dan dilaksanakan secara mandiri.

Sementara itu, ketua Gugus Tugas Pemuda RW. 08 Kelurahan Mintaragen dalam Kewaspadaan dan Pencegahan Covid-19, Parminto, menjelaskan yang mendasari dibentuknya tim gugus tugas ini adalah, keprihatinan dari warga RW.08 khususnya kaum muda dengan mewabahnya Covid-19.

Ia bersama-sama dengan pemuda RW.08, sepakat untuk membentuk tim gugus tugas kewaspadaan dan pencegahan covid-19 tingkat RW. Banyak yang sudah dilakukan oleh tim gugus tugas RW.08 ini selama ini.

Parminto menjelaskan , Tim gugus tugas sudah melakukan kegiatan seperti arahan dari pemerintah secara mandiri, baik pembuatan spanduk, pamflet dan pendataan warga.

Warga yang berada di luar daerah didata dan warga-warga yang rentan dengan covid 19 juga termasuk dalam pendataan. Sampai dengan saat ini, Parminto menyampaikan ada 89 perantau tercatat. Dan dari jumlah tersebut ada 16 orang yang pulang, dan sudah dilakukan himbauan-himbauan bagi warga yang pulang dari luar daerah.

Selain pendataan tim gugus tugas RW.08 juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan dua kali dalam satu bulan, termasuk melakukan pendampingan dalam penyaluran bantuan-bantuan baik dari swasta maupun dari pemerintah agar tepat sasaran. (Dasuki)