Jelang Ramadhan 1442 H, Polres Asahan Sambangi dan Suluh Peziarah Makam

oleh -
Keterangan : Personel Polres Asahan Dibantu Personel dari Satpol PP Kabupaten Asahan Melakukan Patroli Menyambangi dan Melakukan Penyuluhan kepada Masyarakat Peziarah Makam, Minggu (11/4/2021). Foto : Yanto/beritanusa.

Asahan | Dalam rangka menciptakan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 H, Polres Asahan melakukan patroli sambang dan penyuluhan terhadap warga yang melaksanakan ziarah di pemsksman umum, Minggu (11/4/2021).

Kegiatan melibatkan 13 personel terdiri dari 9 personel Polres Asahan dan 4 dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menyambangi Pemakaman Umum Muslim Jalan K. H. Agus Salim (Pasar Lama) Kota Kisaran Timur, Pemakaman Umum Muslim di Jl. Diponegoro Kota Kisaran Barat.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S. I. K. melalui Kanit Binmas Iptu H. Lamsyah menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan patroli sekaligus menyambangi dan memberikan arahan kepada masyarakat yang melaksanakan ziarah ke makam keluarganya.

Hal itu untuk menjaga ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathoniyah, dan ukhuwah basyariyah, serta tidak mempertentangkan masalah khilafiah yang dapat mengganggu persatuan ummat dan tetap memperkuat nilai nilai ke imanan, ketaqwaan, akhlaqul karimah, kemaslahatan ummat dan nilai nilai kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, sehingga toleransi ummat beragama di Indonesia tetap rukun damai dan sejuk dan tetap mengedepankan toleransi dan menghormati orang yang sedang berpuasa dan beribadah selama bulan Ramadhan.

Mengimbau agar masyarakat menutup usahanya yang dapat menimbulkan kemaksiatan dan penyakit masyarakat lainnya.

Berihktiar dan selalu berusaha untuk melawan wabah pandemi covid 19 serta tetap bertaqarrub, bersabar, dan berdoa sehingga wabah Covid 19 dihilangkan oleh Allah Subhanahu wata’ala dari bumi Indonesia pada umummnya dan bumi Asahan pada khususnya.

Selanjutnya, agar masyarakat dapat bekerja sama dengan Polres Asahan untuk melakukan pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung pelaksanaan penanganan covid 19 di wilayah Kabupaten Asahan sesuai dengan Protokol Kesehatan yaitu : Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Mengurangi mobilitas, sehingga dengan patuhnya masyarakat melakukan protokol kesehatan menjadikan Kabupaten Asahan tidak ada yg terdampak covid 19.

Hal itu dimaksudkan agar kehidupan sosial dan perekonomian masyarakat akan normal kembali seperti sebelum adanya pandemi Covid-19 dengan cara “Jaga diri, Jaga keluarga, Jaga Negara”, dengan strategi 3T (Testing, Tracing, Treatment ) yaitu tepat sasaran & penegakan disiplin protokol kesehatan yang agresif untuk membangkitkan rasa solidaritas kebersamaan menjaga kesehatan dan keselamatan satu sama lain sehingga tercipta masyarakat yang sehat, kuat, cerdas dan religius serta tangguh sehingga dapat segera memulihkan perekonomian nasional.

Lamsyah juga memberikan pengertian masyarakat dan mengimbau untuk tidak menolak pemakaman jenazah suspect Covid-19 di tempat pemakaman umum.

Pantauan beritanusa.com, masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Asahan yang telah berkunjung dan mengingatkan untuk bekerja sama dalam memperkuat nilai luhur nilai kebangsaan serta penerapan Protokol Kesehatan untuk memutus mata rantai Covid -19 di Kabupaten Asahan. (Yanto)