Jelang New Normal, Kabupaten Asahan Bebas Covid-19

oleh -

Asahan | Data terbaru (Update) Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Asahan hari ini Kamis 28 Mei 2020 sangat membuat lega masyarakat. Pasalnya hari ini Kabupaten Asahan bebas Corona Virus Disease (Covid-19).

Demikian disampaikan Jubir Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan H. Rahmat Hidayat Siregar, S. Sos., M. Si., kepada Wartawan, Rabu (28/5/2020) di Kisaran.

Hidayat mengatakan, data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan yang dihimpun dari data Surveilans seluruh Puskesmas di Asahan mencatat kasus Positif Covid-19 Nihil.

“Sebelumnya di Kabupaten Asahan tercatat 4 kasus positif dengan rincian, 2 orang sembuh, 1 orang meninggal dunia dan 1 orang masih dalam perawatan. Saat ini 1 orang kasus positif telah sembuh,” kata Hidayat.

Namun, lanjut Hidayat, masih ada 3 kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 3 kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Hidayat menjelaskan, sebelumnya tercatat 5 kasus PDP dan turun 2 menjadi 3 kasus, sedangkan untuk kasus ODP sebelumnya 4 kasus tidak mengalami perubahan.

Menurut Hidayat, dengan bebasnya kasus positif Covid-19 di Asahan tersebut, sejalan dengan akan diterapkannya perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal (New Normal) oleh Pemerintah Pusat.

“Namun, perubahan ini ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan Covid-19,” ujarnya.

Terkait dengan 4 kasus ODP di Kecamatan Kisaran Barat, Sei Dadap, Meranti dan Air Joman, dan 3 kasus PDP di Kecamatan Rawang Panca Arga, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan bersama tim media terus melakukan pemantauan dan pengawasan serta perawatan sesuai SOP badan kesehatan dunia (WHO).

“Jadi, data Update Covid-19 di Asahan hari ini Kamis 28 Mei 2020, ODP 4 kasus, PDP 3 kasus dan Nihil positif Covid-19,” kata Hidayat.

Menanggapi hal itu, seorang warga Kecamatan Kisaran Timur Amir Siregar menyambut baik dan merasa senang. Dia berharap Covid-19 di Kabupaten Asahan benar-benar hambus dari bumi Asahan. (Yanto).